Jejak Terakhir Gajah Mada Meditasi hingga Moksa di Air Terjun Madakaripura

Minggu, 06 Oktober 2024 - 14:44 WIB
loading...
Jejak Terakhir Gajah...
Mahapatih Gajah Mada meninggalkan jejak terakhir bertapa atau meditasi hingga moksa di air terjun Madakaripura, yang serang masuk wilayah Probolinggo, Jatim. FotoI/Ilustrasi/Ist
A A A
MAHAPATIH Gajah Mada meninggalkan jejak terakhir bertapa atau meditasi hingga moksa (menghilang dari dunia fana) di air terjun Madakaripura, yang serang masuk wilayah Probolinggo, Jawa Timur.

Jejak Terakhir Gajah Mada Meditasi hingga Moksa di Air Terjun Madakaripura

Mahapatih Gajah Mada bertapa atau meditasi hingga moksa di air terjun Madakaripura, Probolinggo, Jatim. Foto/Ist

Tempat eksotis ini kerap dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang ingin merasakan keindahan alam sembari menyelami sejarah legendaris Kerajaan Majapahit.



Berdasarkan Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca, Air Terjun Madakaripura adalah hadiah dari Raja Hayam Wuruk kepada Gajah Mada atas jasa-jasanya dalam memperluas kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Di kawasan ini, berdiri tegak sebuah patung yang menggambarkan kebesaran Gajah Mada, berlokasi tak jauh dari air terjun yang megah dan abadi alirannya.



Julukan air terjun abadi pun disematkan pada Madakaripura, karena airnya tak pernah berhenti mengalir, meski di musim kemarau.

Berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, secara administratif air terjun ini masuk ke wilayah Kabupaten Probolinggo.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)