alexametrics

Perbaikan Landasan, Bandara Internasional Adisutjipto Ditutup Sementara

loading...
Perbaikan Landasan, Bandara Internasional Adisutjipto Ditutup Sementara
PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menutup landasan (runway close) pukul 06.43 WIB hingga 09.30 WIB, Jumat (29/11/2019) pagi./Foto/SINDnews/Priyo S
A+ A-
YOGYAKARTA - PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menutup landasan (runway close) mulai pukul 06.43 WIB hingga 09.30 WIB, Jumat (29/11/2019) pagi. Penutupan dilakukan karena ada aspal yang mengelupas (weakspot) di landasan (runway), yaitu pada posisi 1030 meter sisi utara runway 09 lebih 5 meter dari garis pusat (center line).

Penutupan menyebabkan beberapa penerbangan dari dan ke bandara internasional Adisutjipto menjadi terganggu. Di antaranya 6 penerbangan tertunda (delay), 8 dialihkan (divert), dan 4 kembali ke landasan (dua return to apron dan dua holding). Enam penerbangan yang delay, masing-masing rute Yogya-Denpasr, Yogya-Halim Perdanakusuma, Yogya-Surabaya, Yogya-Balikoanan satu penerbangan dan Yogya-Cengkarang dua penerbangan.

Delapan penerbangan tujuan Yogya yang dialihkan, masng-masing empat ke Solo dan empat ke Surabaya. Sedangkan empat yang kembali ke landasan, yaitu dua return to apron (kembali ke landasan parkir) rute Yogya-Surabaya dan Yogya-Halim Perdanakusumoa dan dua holidng (kembali ke landasan penerbangan awal) rute Denpasar-Yogya dan Balikpapan-Yogya.



General Manager (GM) PT AP 1 Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan adanya penutpan landasan (runway closed) pagi tadi untuk kepentingan perbaikan landasan yang mengelupas. Sehingga untuk keselamatan penerbangan maka area sekitar harus clear. “Penutupan mulai 06.45 WIB hingga 08.45 WIB dan buka kembali pukul 09.00 WIB,” kata Agus Pandu Purnama, soal adanya penutupan bandara internasional Adisutjipto, Jumat (29/11/2019) pagi.

Namun begitu sebelum penerbangan dibuka normal, tetap harus memastikan clear area terlebih dahulu, setelah itu baru kemudian operasional penerbangan dapat kembali dijalankan. Karena itu akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi untuk aktivitas penerbangan pasca penutupan tersebut, khususnya yang menyangkut dengan pelayanan terhadap penumpang di bandara.

“Saat ini operasional penerbangan sudah berjalan normal kembali sesuai dengan pemberitahuan untuk penerbangan atau Notice to Airmen (NOTAM) B5907/19 NOTAMC B5906/19, yaitu pada pukul 09.00 WIB,” jelasnya.
(saz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak