Di Peringatan Hari Kesehatan Nasional, Bupati Suwirta Gelorakan Semangat Pesaje

Kamis, 28 November 2019 - 11:13 WIB
Di Peringatan Hari Kesehatan Nasional, Bupati Suwirta Gelorakan Semangat Pesaje
Di Peringatan Hari Kesehatan Nasional, Bupati Suwirta Gelorakan Semangat Pesaje
A A A
SEMARAPURA - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menghadiri puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Kabupaten Klungkung Tahun 2019 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, Rabu (27/11/2019) Pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Direktur RSUD Klungkung Dr. I Nyoman Kesuma, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung Ni Made Adi Swapatni, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ayu Suwirta serta undangan terkait lainnya.

Dalam Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto yang dibacakan Bupati Suwirta mengatakan bahwa pada lima tahun masa tugas Kabinet Indonesia Kerja 2015-2019, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu paradigma sehat, pungutan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya Jaminan Kesehatan Nasional yang mengusung kegiatan promotif dan preventif melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan NS (Nusantara Sehat). Tema HKN ini yakni "Generasi Sehat Indonesia Unggul". "Sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 bahwa perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang diprioritaskan pada pembangunan SDM," ujar Bupati Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta berharap dengan dideklarasikannya ODF para perbekel bersama jajarannya agar nantinya bisa mendata masyarakat khususnya kk miskin dengan baik di masing-masing wilayah, langkah ini dilakukan supaya tidak ada masyarakat kita yang tercecer dalam mendapat pelayanan. Tidak hanya itu, Bupati juga sudah menugaskan dinas terkait agar lebih mengetatkan Perda KTR ini dengan baik kedepan, hal tersebut dilakukan supaya kesehatan masyarakat tetap terjaga dengan baik.

"Selamat Hari Kesehatan Nasional, mari kita semua bergerak dengan hati nurani yang tulus dengan pesaje, saje kenehe megae saje kenehe lakar menyelesaikan masalah Kesehatan di Kabupaten Klungkung," harap Bupati Suwirta.

Sementara itu, laporan Ketua Panitia Ida Bagus Putra Dwipayana menyampaikan momentum HKN ini bertujuan sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, organisasi kemasyarakat, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melambangkan GERMAS tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Adapun kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu yang dimulai dari bulan Oktober antara lain yakni Bakti Sosial, Seminar, Perlombaan antar instansi yaitu lomba komunikata dan lomba layang-layang serta Gebyar HKN meliputi launching DOR Kesmas dan inovasi kesehatan lainnya. "Semoga apa yang menjadi cita-cita kita bersama sesuai dengan tema tahun ini Generasi Sehat Indonesia Unggul dapat tercapai dengan baik," harapnya.

Lebih lanjut, Ida Bagus Putra Dwipayana menambahkan HKN ini juga diisi beberapa kegiatan antara lain Pendatanganan dan Deklarasi Open Defecation Free (ODF), menyanyikan lagu Germas dan Gema Santi persembahan dari vokal grop lansia Semarapura Klod, penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba serta senam wacikin tangan dari RSUD Klungkung.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5877 seconds (0.1#10.140)