alexametrics

Cegah Kasus Bunuh Diri, Gunungkidul Siapkan Anggaran Rp1 Miliar

loading...
Cegah Kasus Bunuh Diri, Gunungkidul Siapkan Anggaran Rp1 Miliar
Angka kasus bunuh diri yang tinggi di Kabupaten Gunungkidul menjadi perhatian serius. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
GUNUNGKIDUL - Angka kasus bunuh diri yang tinggi di Kabupaten Gunungkidul menjadi perhatian serius. Buktinya, usulan DPRD Gunungkidul untuk anggaran penanggulangan kasus bunuh diri pada 2020 sebesar Rp1 miliar disetujui.

"Kasus bunuh diri harus diperhatikan serius, rata-rata 30 orang tiap tahun gantung diri, makanya kami akan ikut sosialisasi pencegahan. Kita siapkan anggaran sekitar Rp 1 Miliar," terang Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, Senin (25/11/2019).

Dia menjelaskan untuk penanggulangan ini pihaknya juga siap menggandeng stake holder yang selama ini berjuang untuk menanggulangi bunuh diri. Sebab, selama ini upaya penanggulangan bunuh diri tidak bisa maksimal.



Hal itu juga terlihat dengan tidak adanya anggaran, tidak ada tim yang jelas untuk sosialisasi ke masyarakat serta langkah perencanaan yang jelas pula. "Membentuk tim, namun tidak ada tindak lanjut dengan tugas yang jelas pula, jadi ya tidak maksimal," beber Srikandi PDIP ini.

Untuk itu, ke depan pihaknya juga berharap wakil rakyat ikut bertanggung jawab dengan turun ke masyarakat untuk upaya pencegahan bunuh diri." Semua harus terlibat Pemkab, DPRD dan stke holder seperti LSM yang konsen dengan permasalahan sosial bunuh diri ini," tandas Endah.

Seperti diketahui, kasus bunuh diri di Gunungkidul belum bisa ditangani secara maksimal. Hingga bulan November ini, tercatat 31 warga yang nekat mengakhiri hidup di tiang gantungan.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak