Musim Penghujan, BPBD Kobar Gencar Sosialisasi di Wilayah Rawan Banjir

Selasa, 19 November 2019 - 11:06 WIB
Musim Penghujan, BPBD Kobar Gencar Sosialisasi di Wilayah Rawan Banjir
Musim Penghujan, BPBD Kobar Gencar Sosialisasi di Wilayah Rawan Banjir
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Menghadapi musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat (Kobar) mulai mempersiapkan diri untuk waspada banjir. Sebab pengalaman tahun sebelumnya, banjir selalu datang tiba-tiba di wilayah rawan banjir di Kobar. Untuk itu sejak dini BPBD Kobar terus melakukan sosialisasikan waspada banjir di daerah rawan terdampak banjir.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kepala BPBD Kobar Petrus Rinda mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kobar belum sepenuhnya berakhir. Karena masih ada beberapa hotspot.

Namun pihaknya kembali dihadapkan dengan persoalan baru yakni masalah banjir yang kerap terjadi pada musim penghujan. "Kini kita terus memulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat bantaran Sungai Arut yang sering terjadi banjir pada musim penghujan," ujarnya.

Salah satu tempat yang mulai diberikan sosialisasi seperti Kelurahan Pangkut Kecamatan Arut Utara. Dimana setiap tahun, daerah tersebut selalu dilanda banjir. Selanjutnya nanti sosialisasi ke kelurahan dan desa lain di Kobar yang sering terjadi banjir.

Dalam hal ini, kesadaran masyarakat juga perlu ditingkatkan agar selalu menjaga kewasapadaan dan menjaga kebersihan lingkungan. Seperti jangan membuang sampah sembarangan sehingga dapat menyumbat drainase.

"Kegiatan turun ke lapangan selain memantau debit air, kita juga meminta masyarakat selalu waspada dengan meningkatnya debit air di Sungai pada saat musim penghujan. Karena pada Desember itu curah hujan diprediksi tinggi," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3898 seconds (0.1#10.140)