3 Warga China yang Hilang di Pulau Sangiang Penyelam Profesional

Senin, 04 November 2019 - 16:10 WIB
3 Warga China yang Hilang di Pulau Sangiang Penyelam Profesional
3 Warga China yang Hilang di Pulau Sangiang Penyelam Profesional
A A A
SERANG - Kepala Basarnas Banten, Zainal Arifin menyebutkan, ketiga warga negara asing asal China yang hilang di Pulau Sangiang merupakan penyelam profesional. "Mereka ini bukan (penyelam) pemula tapi sudah profesional dan punya kualifikasi selam," kata Zainal kepada wartawan, Senin (4/11/2019).

Berdasarkan keterangan dari rekannya yang selamat bahwa mereka sudah sering melakukan aktivitas menyelam di sekitar Kepulauan Sangiang, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. "Mereka sudah beberapa kali menyelam di Pulau Sangiang," ujarnya.

Saat ini, tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri sedang berupaya mencari ketiga korban yang dinyatakan hilang. Ketiganya yakni Tan Xuz Tao, Wan Bzng Yang, dan Tian Yun. Guna mencari ketiganya, Basarnas melakukan penyisiran di laut dan udara menggunakan helikopter Rescue HR-3603 Basarnas. Tim penyelam juga dikerahkan untuk mencari didasar laut. (Baca juga; 15 Penyelam Diterjunkan Cari Tiga Warga China yang Hilang di Pulau Sangiang )

Berdasarkan informasi yang diperoleh, rombongan WNA asal China berjumlah tujuh orang berangkat dari dermaga Pantai Mabak, Cilegon pada Minggu 3 November 2019 menggunakan perahu nelayan. Sesampainya di spot penyelaman, semuanya turun ke laut untuk melakukan penyelaman dan dibagi dua kelompok. Kelompok pertama You Shi Jie (pria), Xu Jun(pria), Che Yin Xing (perempuan) muncul di permukaan.

Namun kelompok kedua terdiri dari Tan Xuz Tao (pria), Wan Bzng Yang, Tian Yu (pria) tak kunjung muncul kepeemukaan. Diduga mereka terbawa arus bawah laut. Sedangkan salah satu dari rombongan Yang Lixiang (pria) tidak ikut menyelam. Dia hanya melakukan aktivitas snorkling. (Baca juga; 3 WNA Asal China Hilang saat Menyelam di Pulau Sangiang Serang )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7936 seconds (0.1#10.140)