alexametrics

Sulawesi Selatan dan Kota Makassar Bakal Jadi City of Runner

loading...
Sulawesi Selatan dan Kota Makassar Bakal Jadi City of Runner
Pelaksanaan Run Makassar Half Marathon yang digelar Pemkot Makassar, Sulawesi Selatan sukses digelar, Minggu (3/11/2019). Foto/SINDOnews/Marhawanti Sehe
A+ A-
MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah menyebut, Sulsel dan Kota Makassar kedepannya bakal menjadi City of Runner atau kota ramah bagi pelari.

Gubernur mengungkapkan hal tersebut saat melepas 2.500 peserta Run Makassar Half Marathon di Anjungan Pantai Losari Makassar, Minggu, (3/11/2019). (Baca juga: Pelari Kenya Juara Run Makassar Half Marathon Kategori Open)

Dia mengungkapkan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Menurut Nurdin Abdullah, kegiatan ini mencerminkan kekompakan untuk menyehatkan masyarakat Sulsel.



"Kita memang kompak semua bagaimana masyarakat Sulsel ini bisa kita sehatkan, salah satu motivasi (olaharaga) masyarakat adalah marathon. Kalau lihat animonya ini jadi semangat bagi yang lain, itu lebih menggiatkan olahraga," sebut mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Di samping itu, Nurdin Abdullah juga mengaku Sulsel dan Kota Makassar saat ini mengarah ke City of Runner atau kota yang ramah bagi para pelari. Terbukti, hampir setiap even yang digelar di kota Makassar, terdapat olahraga lari sebagai rangakaiannya.

"Kita arahnya memang ke sana, City of Runner. Karena sudah banyak. Hampir setiap even ada rangkaian acara ada lari. Saya yakin dan percaya kita semua bisa hidup pola sehat dengan berolahraga. Yang daftar event ini besar dan sangat banyak, kami mohon maaf tidak terakomodir semua," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan Run Makassar Half Marathon ini sebagai salah satu wujud dari visi pemerintah kota Makassar untuk menjadikan kota ini sebagai city of runner. Dia mengaku akan menyiapkan kota yang nyaman bagi para pelari dengan memperbaiki fasilitas. (Baca juga: Didominasi Pelari Kenya, Ini Daftar Juara Run Makassar Half Marathon)

"Makassar sebagai city of runner adalah salah satu visi kita. Run Makassar itu city of runner, kita jadikan Makassar sebagai kota yang nyaman untuk para pelari. Kita siapkan trotoar, pedesterian untuk lari. Akan diperbaiki fasilitas-fasilitas nya agar bisa lari dengan nyaman," katanya.
Pelari asal Kenya John Mairuri menjuarai Run Makassar Half Marathon kategori Open Male HM (21K) dengan catatan waktu 1 jam 5 menit. Selanjutnya Joseph Mwangi dan David Kibet juga asal Kenya.
Khusus untuk kategori Open Female HM (21K) adalah Esther, Alice Muthoni, dan Pamela. Ketiganya merupakan pelari asal Kenya dengan jarak tempuh masing-masing kurang dari 1jam 30 menit.

Pemenang kategori HM (21K) Nasional Male adalah Agus Prayogo, Nurshodiq, Ridwan, Omry Dy Sina, dan Rahmat dengan jarak tempuh masing-masing kurang dari 1 jam 30 menit. Khusus kategori HM (21K) Female adalah Afriana Paijo, Adriana Waru, Sharfina Sheila, Harnita dan Sri Purnamayanti dengan jarak tempuh masing-masing kurang dari 2 jam.

Sedangkan kategori HM Master Male adalah Ibrahim, Tjang Johan, dan Iqra Mowinka. Serta untuk HM Master Female adalah Helda Napitupulu, Soraya dan Dewi Gosal.

Kategori 10K Male dimenangkan oleh Syamsuddin Massa, Rikki Marthin Simbolon, La Ode Safrudin, Isak Carlinto dan Nasir Maisi. Sedangkan kategori 10K Nasional Female adalah Irma Handayani, Meri Meriana Paijo, Nofriana Taunus, Maria, dan Muh Nasrullah.

Kategori 5K Nasional Male adalah Matheus Wuli, Marselino V Fallo, Saroni Saputra, Difta, dan Mursalim serta kategori 5K Nasional Female adalah Arceling, Fitri, Waty, Cindy Lodita, dan Lismawaty Illang.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak