Survei Pilgub Papua Tengah, Elektabilitas Willem Wandik-Aloysius Giyai Capai 62,7%

Selasa, 10 September 2024 - 22:18 WIB
loading...
Survei Pilgub Papua...
Elektabilitas pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Papua Tengah, Willem Wandik-Aloysius Giyai mencapai 62,7% di survei Panel Survei Indonesia (PSI). Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
NABIRE - Elektabilitas pasangan Cagub-Cawagub Papua Tengah, Willem Wandik-Aloysius Giyai mencapai 62,7% di survei Panel Survei Indonesia (PSI). Dalam pemilihan dengan sistem noken dalam berbagai simulasi, duet Willem-Aloysius unggul.

Survei dilakukan dengan melakukan simulasi pertanyaan terbuka terhadap empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tengah. Hal itu yakni dengan simulasi pelaksanaan sistem noken 'big man dan noken gantung'



"Hasil survei menunjukkan pilihan masyarakat terhadap pasangan calon kepala daerah Papua Tengah Willem Wandik-Aloysius Giyai berada di urutan pertama dengan 62,7%," kata Direktur Eksekutif PSI Dominico Bagas dalam keterangannya, Selasa (10/9/2024).

Kemudian disusul pasangan Natalis Tabuni-Titus Natkime dengan 12,1%, Meki Nawipa-Denas Geley dengan 7,9%, John Wempi Wetipo-Ausilius Youw dengan 5,4 %, dan tidak memilih sebanyak 11,9%.



Bagas mengatakan, dalam survei juga responden diminta menilai kapabilitas pasangan calon kepala daerah.

Kapabilitas yang dinilai dalam survei tersebut meliputi beberapa nilai, yaitu visioner, intelektualitas, kemampuan memerintah governability, kemampuan politik, komunikasi politik, dan kepemimpinan (leadership).



Hasil survei menunjukkan kapabilitas pasangan Willem Wandik-Aloysius Giyai unggul dibandingkan para pesaingnya, yaitu dengan skor 89,2%.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)