Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Kolom Abu Capai 600 Meter

Senin, 09 September 2024 - 07:32 WIB
loading...
Gunung Lewotobi Laki-laki...
Gunung Api Lewotobi Laki-laki di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan mengalami erupsi pada Senin (9/9/2024) pagi. Foto/Ist
A A A
FLORES TIMUR - Gunung Api Lewotobi Laki-laki di Pulau Flores, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan mengalami erupsi pada Senin (9/9/2024) pagi. Erupsi terjadi sekitar pukul 06.11 WITA, dengan tinggi kolom letusan mencapai 600 meter di atas puncak gunung.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal terpantau bergerak ke arah barat daya dan barat. "Tinggi kolom letusan teramati sekitar 600 meter di atas puncak (sekitar 2184 meter di atas permukaan laut)," demikian pernyataan resmi dari PVMBG yang dikutip melalui situs magma.esdm.go.id.



Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 5.18 mm dan berlangsung selama 256 detik. Hingga saat ini, PVMBG mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekati area dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi serta beberapa sektor lainnya yang lebih berisiko.

"Masyarakat sekitar diharapkan tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan serta radius 4-5 km di sektor tertentu," tambah PVMBG dalam imbauannya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)