Gapensi Jabar: Sektor Konstruksi di Jabar Tetap Tumbuh saat Pilkada

Jum'at, 06 September 2024 - 17:02 WIB
loading...
Gapensi Jabar: Sektor...
Ketua BPD Gapensi Jabar, TB Nasrul Ibnu HR yakin pelaksanaan Pilkada serentak 2024 tidak akan mengganggu pertumbuhan ekonomi dan sektor konstruksi di Jabar. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Ketua BPD Gapensi Jabar, TB Nasrul Ibnu HR, menyatakan keyakinannya bahwa pelaksanaan Pilkada serentak 2024 tidak akan mengganggu pertumbuhan ekonomi dan sektor konstruksi di wilayah Jabar.

Sektor konstruksi memegang peranan penting dalam pengembangan ekonomi, terutama dalam pemerintahan yang dipimpin oleh Prabowo Subianto yang fokus pada pembangunan infrastruktur.



"Tidak pengaruh dengan adanya pilkada, pembangunan itu tidak terhenti. Bahkan menjelang akhir tahun banyak infrastruktur yang masih dikerjakan untuk realisasi target pembangunan," ujar Nasrul dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).

Nasrul menyampaikan BPD Gapensi Jabar akan mendukung kandidat kepala daerah terpilih, baik tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota dalam menjalankan program pembangunan.

Diharapkan kandidat gubernur Jawa Barat terpilih memiliki keberpihakan terhadap keberlanjutan pembangunan di sektor konstruksi, seperti jalan, irigasi bangunan, hingga gedung.

"Kita berharap 30-40 persen anggaran di Provinsi Jawa Barat itu digunakan untuk infrastruktur, apalagi APBD Jawa Barat itu sekitar Rp40 triliun. Dengan 40 persen atau sekitar Rp16 triliun untuk infrastruktur akan memacu akselerasi ekonomi di Jawa Barat," ucap Nasrul.



Dia mengungkapkan optimismenya terhadap potensi besar yang dimiliki Jawa Barat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Ia menilai, dengan berbagai keunggulan dan potensi yang ada, Jawa Barat memiliki kapasitas untuk menjadi penggerak utama ekonomi Indonesia.

"Jawa Barat memiliki berbagai keunggulan yang mendukung potensi ekonominya, seperti letak geografis yang strategis, sumber daya alam yang melimpah, serta infrastruktur yang terus berkembang. Kami yakin, meskipun di tengah Pilkada, sektor konstruksi dan ekonomi akan terus berkembang pesat," lanjut Nasrul.

Ketua Umum BPPGapensiAndi Rukman Karumpa mendukung komitmen BPD Jabar dalam mendukung pemda meningkatkan sektor konstruksi. Andi menyebut hal ini merupakan tekad dari seluruh keluarga besar Gapensi di tingkat pusat hingga daerah dalam menyukseskan program pemerintah.

Andi menyampaikanJawa Baratmerupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Berdasarkan data Databoks, pada Desember 2023, jumlah penduduk Jawa Barat mencapai 49,9 juta jiwa, atau 17,78 persen dari total penduduk Indonesia.

"Tak hanya banyak dari segi jumlah penduduk, Jawa Barat punya potensi besar menjadi salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia," ujarnya.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)