Elektabilitas ASR-Hugua Unggul di 2 Lembaga Survei

Kamis, 05 September 2024 - 20:34 WIB
loading...
Elektabilitas ASR-Hugua...
Elektabilitas cagub-cawagub Sulawesi Tenggara, Andi Sumangerukka (ASR) dan Hugua unggul di dua lembaga survei, yakni LSI Denny JA dan Charta Politika Indonesia. Foto/Ist
A A A
KENDARI - Elektabilitas pasangan cagub-cawagub Sulawesi Tenggara, Andi Sumangerukka (ASR) dan Hugua unggul di dua lembaga survei, yakni Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dan Charta Politika Indonesia.

Dalam survei LSI Denny JA yang dilaksanakan pada 10-17 Agustus 2024, menunjukkan pasangan ASR-Hugua memperoleh dukungan sebesar 34,5%, unggul 10% dari posisi kedua, Tina Nur Alam-Ihsan Taufik yang mendapatkan 24,5%.



Sementara itu, survei yang dilakukan oleh Charta Politika Indonesia pada 21-27 Juni 2024 menunjukkan hasil yang konsisten dengan posisi ASR sebagai kandidat teratas dalam bursa calon gubernur.

Pada simulasi dua nama, ASR unggul dengan 37,5% atas Tina Nur Alam yang memperoleh 35,3%. Adapun kedua survei tersebut menggunakan metode wawancara tatap muka dengan teknik sampling yang terstruktur, melibatkan ratusan responden di seluruh kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara.

Margin of error survei LSI Denny JA sebesar 3,5% sedangkan Charta Politika Indonesia melaporkan margin of error sebesar 3,46%.

Hasil survei ini mencerminkan dukungan yang kuat terhadap ASR-Hugua di berbagai kategori pemilih, termasuk berdasarkan usia, agama dan profesi.



Dalam kategori pemilih beragama Islam, ASR-Hugua memperoleh 35,5% unggul atas Tina Nur Alam-Ihsan Taufik yang mendapatkan 24,1%.

Untuk pemilih non-Islam, Lukman Abunawas-La Ode Ida memimpin dengan 43,4%. Sedangkan ASR-Hugua berada di posisi ketiga dengan 11,3%.

Di antara pemilih berdasarkan kategori usia dan profesi, ASR-Hugua juga menunjukkan keunggulan signifikan, termasuk di kalangan ibu rumah tangga, petani, dan pekerja wiraswasta.

ASR terus menunjukkan keunggulannya sebagai pilihan utama masyarakat Sulawesi Tenggara. Dengan dukungan yang kuat dari berbagai kategori pemilih, ASR berhasil memimpin dengan proporsi "strong voters" tertinggi.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)