Pengungsi Wamena Tiba di Kota Baubau Sultra

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 21:08 WIB
Pengungsi Wamena Tiba di Kota Baubau Sultra
Pengungsi Wamena Tiba di Kota Baubau Sultra
A A A
BAUBAU - Pengungsi kerusuhan Wamena, Papua, tiba di Pelabuhan Murhum, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu (5/10/2019) dini hari sekitar pukul 01.00 WITA.

Para pengungsi yang terdiri dari orangtua dan anak-anak ini dijemput menggunakan bus dan disambut Pemerintah Kota Baubau. Sekitar 17 orang pengungsi kerusuhan Wamena tiba di Pelabuhan Murhum menggunakan Kapal Pelni Ciremai.

Beberapa anggota Satpol dan BPBD Kota Baubau serta anggota Palang Merah Indonesia menjemput para pengungsi di atas kapal. Para pengungsi kemudian dijemput menggunakan bus.

Para pengungsi kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan di Balai Karantina Pelabuhan Baubau. Diketahui tiga orang anak dari pengungsi Wamena ini mengalami demam karena kelelahan dan terindikasi satu anak terkena penyakit malaria.

Setelah pemeriksaan kesehatan, para pengungsi ini langsung disambut Pemerintah Kota Baubau yang diterima langsung Wakil Wali Kota setempat.

Menurut info dari salah satu pengungsi, masih terdapat ratusan warga Buton di Papua. Mereka mengungsi di kantor Polisi Jayapura sembari menunggu kapal yang akan berangkat ke Baubau.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse akan mengkoordinasikan dengan dinas pendidikan untuk menampung anak-anak pengungsi Wamena yang melanjutkan sekolah di Kota Baubau.

Usai disambut Pemkot Baubau, para pengungsi diantar ke alamat masing-masing.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5441 seconds (0.1#10.140)