Kaya Inovasi, Kabupaten Agam Nominator Peraih IGA 2019

Kamis, 26 September 2019 - 15:41 WIB
Kaya Inovasi, Kabupaten Agam Nominator Peraih IGA 2019
Kaya Inovasi, Kabupaten Agam Nominator Peraih IGA 2019
A A A
JAKARTA - Kamis (26/9) Bupati Agam Dr. H. Indra Catri dijadwalkan menyampaikan paparan di hadapan tim penilai Inovative Government Award 2019 yang bertempat di Command Center Kementerian Dalam Negeri. Agam menjadi Kabupaten dengan indeks inovasi daerah tertinggi di luar Pulau Jawa, dengan total 133 inovasi yang telah dilakukan, terbagi kepada 3 kelompok kategori inovasi. Yaitu tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, dan inovasi bentuk lainnya.

Salah satu inovasi yang paling fenomenal dari Kabupaten Agam adalah penyelenggaraan Pemilihan Wali Nagari dengan sistem e-voting dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) yang mulai diselenggarakan pada tahun 2017. E-voting terbukti mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih Wali Nagari, meminimalisir suara rusak dan pengumuman hasil pemilihan secara real time.

Selain e-voting, inovasi lain yang mendapat scoring tertinggi adalah "SEDUNIA" (satu pelayanan dua bibit tanaman) dari Kecamatan Tilatang Kamang. Inovasi ini adalah sebagai bentuk tindak lanjut dan perkembangan dari gerakan Agam Menyemai yang telah dicanangkan sejak tahun 2011. "SEDUNIA" memberikan masyarakat dua bibit tanaman setiap menerima pelayanan administrasi dari kantor camat. Bibit ini bisa ditanam di pekarangan rumah dan lahan tidak produktif lainnya, dan mendatangkan manfaat bagi penerima.

Dua inovasi di atas tercatat sebagai inovasi dengan indeks score tertinggi dengan 750 poin untuk e-voting dan 730 poin untuk "SEDUNIA".

"Alhamdulillah. Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Agam yang telah berhasil mewujudkan capaian ini. Tapi patut diingat, ke depan adalah saatnya untuk menjaga kelanjutan dan pengembangan inovasi yang telah kita ciptakan ini. Agar Agam tetap menjadi kabupaten yang progresif dan adaptif," tutup Indra Catri.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6537 seconds (0.1#10.140)