Warganet Dukung Dico Ganinduto Jadi Wali Kota Semarang, Pengamat: Aspirasi Publik

Senin, 26 Agustus 2024 - 17:24 WIB
loading...
Warganet Dukung Dico...
Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama istrinya Chacha Frederica. Foto/Istimewa
A A A
KENDAL - Isu mundurnya Bupati Kendal Dico Ganinduto dari Bursa Calon Wali Kota Semarang untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ternyata menarik perhatian netizen di media sosial.

Di media sosial, Dico justru banjir dukungan dari masyarakat yang menginginkan agar dirinya tetap maju dalam Pilkada Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pakar Strategic Communication Tuhu Nugraha menilai jika dukungan publik dari media sosial bisa menjadi pertimbangan partai untuk mengusung Dico sebagai calon Wali Kota Semarang.



“Karena sudah jadi rahasia umum saat ini faktor keputusan menentukan calon adalah popularitas di media social. Karenanya aspirasi media sosial sebagai salah satu penentu pengambilan keputusan partai menentukan calon kepala daerah adalah valid,” kata Tuhu, Senin (26/8/2024).

Direktur Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) Kamilov Sagala mengatakan sensitivitas pemilih dapat dilihat dari capaian kinerja seorang calon dari daerah yang pernah dipimpinnya.

“Prestasi kinerja Dico ini dinilai masyarakat pemilih saat membangun Kota Kendal, ini jadi titik kinerja Dico yang bisa diuji dan bisa juga dilihat langsung oleh masyarakat,” kata Kamilov.

Karena seorang yang dikenal saja tidaklah cukup untuk menjadi calon kandidat. Dia mengatakan pemilih sekarang sudah lebih kritis dan tajam dalam menilai seseorang.

“Mesin partai sebagai kendaraan memang bernilai tapi lebih punya nilai tinggi hasil kinerja yang bersangkutan. Jadi saat ini penilaian dari gerbong-gerbong partai itu hanya bernilai 25% saja,” kata dia.

Karena nilai tertinggi nantinya ditentukan oleh masyarakat sebagai pemilih. Sehingga menurutnya, partai-partai politik jangan hanya melihat berapa kekuatan suplai kekuatan financial seseorang saja.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)