PDIP Dinilai Perlu Usung Kader Sendiri di Pilbup Jepara

Senin, 26 Agustus 2024 - 11:14 WIB
loading...
PDIP Dinilai Perlu Usung...
PDIP dinilai perlu mengusung kader sendiri pada Pilkada Kabupaten Jepara. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JEPARA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinilai perlu mengusung kader sendiri pada Pilkada Kabupaten Jepara. Pasalnya, elektabilitas petahana Bupati Jepara yang juga kader PDIP Dian Kristiandi unggul di beberapa survei.

"Sehingga rugi jika PDIP di Pilkada Jepara tidak usung kadernya," ujar Pengamat Politik Rikal Dikri dalam keterangannya, Minggu (25/8/2024).

Dia berpendapat bahwa hal tersebut tidak terlepas dari kinerja Dian Kristiandi selama menjabat sebagai bupati. Ditambah Inspektorat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memberikan penilaian positif atas kinerja akhir Bupati Jepara Dian Kristiandi untuk periode 2017 – 2022.

"Dari hasil penilaian yang dilakukan mendapatkan predikat baik dengan nilai 88,18," kata Rikal.



Kemudian, PDIP berhasil memperoleh 8 kursi DPRD di Kabupaten Jepara atau 16% berdasarkan hasil Pemilu 2024. Di sisi lain, jika merujuk putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap perkara nomor 60/PUU-XXII/2024 yang diajukan Partai Buruh dan Partai Gelora itu, salah satu putusan menyatakan bahwa kabupaten/kota dengan jumlah penduduk termuat pada daftar pemilih tetap lebih dari 500 ribu sampai 1 juta jiwa.

Sementara partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu harus memeroleh suara sah paling sedikit 7,5% di kabupaten/kota tersebut. Maka PDIP bisa mengusung sendiri di Pilkada Jepara.

Maka itu, PDIP dinilai bisa mengusung Dian Kristiandi yang merupakan kadernya sendiri daripada mengusung orang luar. "Mengusung orang luar akan berdampak pada kemenangan PDI Perjuangan dalam Pilkada Jawa Tengah nantinya," pungkasnya.

Adapun salah satu survei yang menempatkan Dian Kristiandi unggul di survei Pandawa Research. Dalam survei itu, Dian Kristiandi 30,2%, Witiarso Utomo 27,9, dan Nuruddin Amin 24,6%.

Kedua, hasil survei Ananta Research menunjukan tingkat kesukaan masyarakat terhadap Dian Kristiandi sebesar 82,7 persen. Sementara Witiarso Utomo hanya mendapat 81,4%.

Ketiga, survei jelang Pilkada Jepara dikeluarkan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), Dian Kristiandi apabila disandingkan dengan Jadug Trimulyo berada di posisi teratas. Selain itu, jika keduanya berpasangan, maka berpeluang menang pada Pilkada Jepara 2024.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)