Kabar Baik dari BMKG, Hari Ini Palembang Diprediksi Hujan

Senin, 23 September 2019 - 08:57 WIB
Kabar Baik dari BMKG, Hari Ini Palembang Diprediksi Hujan
Kabar Baik dari BMKG, Hari Ini Palembang Diprediksi Hujan
A A A
PALEMBANG - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi SMB II Palembang memprediksi hujan segera turun di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel). Kabar baik ini jelas sangat ditunggu-tunggu masyarakat Sumsel, khususnya yang terpapar kabut asap yang relatif tebal.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Bandara SMB II Palembang, Bambang Beni Setiaji mengatakan, potensi hujan hari ini, Senin (23/9/2019) diprediksi berpeluang 20-40 persen untuk Sumsel bagian Timur dan 40-80 persen.

"Sedangkan untuk besok, Selasa (24/9/2019), peluang hujan 40-80 persen untuk seluruh wilayah Sumsel," ujar Bambang saat dihubungi SINDOnews, Senin (23/9/2019).

Dari pantauan BMKG, kata Bambang, pada Sabtu (21/9/2019) lalu, angin permukaan berdasarkan catatan BMKG umumnya berhembus dari arah Timur menuju Tenggara dengan kecepatan 4-20 Knot (7-36 Km/Jam). "Ini mengakibatkan potensi masuknya asap akibat Karhutbunla ke wilayah Kota Palembang dan sekitarnya," tambahnya

Dijelaskan, adanya fenomena asap juga diindikasikan dengan tingkat kelembapan yang rendah dengan partikel-partikel kering di udara, mengurangi jarak pandang, beraroma khas, perih di mata, mengganggu pernafasan dan matahari terlihat berwarna oranye (merah) pada pagi atau sore hari.

"Potensi ini diperburuk jika adanya campuran kelembapan yang tinggi (partikel basah/uap air) sehingga membentuk fenomena kabut asap yang umumnya terjadi pada pagi hari," jelas Bambang.

Berdasarkan catatan yang dimiliki, Bambang juga mengungkapkan jika jarak pandang tertinggi yang tercatat di Bandara SMB II Palembang dalam beberapa hari terakhir pada Jumat (20/09) lalu mencapai 8 Kilometer. "Terendah pada pagi hari ini berkisar 700-900 m dengan kelembapan 92-94 persen dengan keadaan cuaca asap," ungkapnya.

Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, lanjut Bambang, pihaknya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam bertransportasi pada pagi hari (04.00-07.00 WIB) dan pada sore hari (17.00-19.00 WIB) seiring potensi menurunnya jarak pandang, senantiasa menggunakan masker dan mengonsumsi banyak air saat beraktivitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan.

"Kita juga kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran, baik itu sampah rumah tangga mau pun dalam pembukaan lahan pertanian atau perkebunan," tandasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6587 seconds (0.1#10.140)