Asap Tebal Akibat Karhutla Mulai Ganggu Aktivitas Warga Pontianak

Minggu, 15 September 2019 - 16:16 WIB
Asap Tebal Akibat Karhutla Mulai Ganggu Aktivitas Warga Pontianak
Asap Tebal Akibat Karhutla Mulai Ganggu Aktivitas Warga Pontianak
A A A
PONTIANAK - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda Provinsi Kalimantan Barat sejak dua bulan belakangan mulai mengganggu aktivitas warga. Saat ini asap tebal menyelimuti sejumlah daerah di Kalimantan Barat, terutama di Kota Pontianak.

Pada Minggu (15/9/2019) siang, berdasarkan alat pengukur BMKG, kualitas udara di Kota Khatulistiwa sudah menunjukkan angka di 264, yang artinya kualitas udara sangat tidak sehat. Hujan yang sempat mengguyur Kota Pontianak pada empat hari lalu tidak membuat ketebalan asap berkurang.

Warga Kota Pontianak mulai banyak yang mengeluhkan kondisi kualitas udara yang sangat tidak sehat itu. Warga mulai merasakan dampaknya, salah satunya nafas jadi sesak serta mata perih, sehingga aktivitas masyarakat di luar menjadi terganggu.

“Mulai terganggu dari segi penglihatan. Menghirup udara jadi sesak, mata perih. Karena asap penghilangan (jarak pandang) berkurang," kata Aisah, salah satu warga Kota Pontianak.

Sementara itu, Sandi, salah satu pengendara sepeda motor mengaku sudah sejak sepekan lebih ketebalatan asap di Kota Pontianak terus meningkat. Sehingga aktivitasnya di luar rumah menjadi terganggu.

"Sudah seminggu lebih begini, tapi yang paling parah hari ini," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7878 seconds (0.1#10.140)