Gorontalo Dipastikan Menjadi Tuan Rumah Festival Kelapa Internasional

Minggu, 15 September 2019 - 15:49 WIB
Gorontalo Dipastikan Menjadi Tuan Rumah Festival Kelapa Internasional
Gorontalo Dipastikan Menjadi Tuan Rumah Festival Kelapa Internasional
A A A
LIMBOTO - Sudah dipastikan, pemerintah Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Kelapa Internasional ke-4. Terpilihnya Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah melalui kesepakatan bersama Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) pada pelaksanaan Rapat Nasional Kopek dan Seminar Kelapa Internasional atau National Kopek Meeting and Coconut Seminar di Taman Sukasada Ujung- Karangasem, Bali, (15/09/19).

Bupati Nelson yang juga Ketua Kopek mengatakan, Festival Kelapa Internasional sudah dilaksanakan selama 3 kali berturut- turut.

"Kita tahu bersama Festival Kelapa Internasiinal sudah dilaksanakan di tiga daerah yang berbeda. Pertama, di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau", Ungkapnya.

Festival Kelapa Internasional Indragiri dilaksanakan bertepatan perayaan Hari Kelapa Dunia tahun 2017 di Tembilahan Indragiri Hilir, Riau.

Kedua, tahun 2018, pelaksanaan festival kelapa di Kabupaten Lingga, kepulauan Riau (Kepri) dan ketiga,saat ini di Kabupaten Karangasem, Bali yang disandingkan dengan festival Subak tahun 2019.

Untuk tahun 2020, sesuai kesepakatan bersama, Kabupaten Gorontalo dipilih menjadi tuan rumah.

" Festival kelapa internasional di Kabupaten Gorontalo akan dilaksanakan bertepatan dengan hari kelapa dunia," Kata Nelson Pomalingo.

Menurut Nelson, di Kabupaten Gorontalo sudah pernah dilaksanakan. Namun bagi KOPEK sendiri itu baru sekedar konferensi yakni pertemuan antara pemerintah daerah dan festivalnya belum

"Nah, tahun depan festivalnya dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo," Tukas Nelson.

Ia juga menyampaikan, tentunya dengan dipilihnya menjadi tuan rumah,dirinya menyambut baik dan akan menyiapkan ini dengan matang.

"Insya allah,dengan adanya kampung kelapa dan pabrik- pabrik di Kabupaten Gorontalo akan menjadi fisitasi bagi anggota koalisi, pengusaha, dan petani kelapa," Tambahnya.

Selain itu, Ia belajar di Karangasem dan di beberapa daerah yang sudah melaksanakan festival ini. "Sangat luar biasa persiapan mereka dan mungkin ini menjadi inspirasi bagi kita untuk membuat di Kabupaten Gorontalo," Tandas Nelson.

Sekretaris Kopek terpilih juga selaku Bupati Lingga Alias Wello, mengatakan,dipilihnya Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah Festival Kelapa Internasional ke-4 adalah bentuk komitmen dan rumusan bersama anggota Kopek.

" Ini rumusan bersama dan sebagai penghargaan kepada Ketua Kopek, Prof. Nelson yang saat ini terus berkomitmen memajukan dan meningkatkan pengembangan kelapa, baik untuk Indonesia maupun untuk daerah Kabupaten Gorontalo itu sendiri," Tutupnya.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7493 seconds (0.1#10.140)