Atasi Kebakaran Hutan di Riau, TNI Datangkan Pesawat CN295

Minggu, 15 September 2019 - 15:04 WIB
Atasi Kebakaran Hutan di Riau, TNI Datangkan Pesawat CN295
Atasi Kebakaran Hutan di Riau, TNI Datangkan Pesawat CN295
A A A
PEKANBARU - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja ke Riau selama dua hari ke Riau. Kedatangan Hadi untuk melakukan hujan buatan sebagai upaya stragis dalam mengatasi upaya penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla yang sudah berbulan-bulan belum tertagani.

Untuk melakukan penanggulangan lebih cepat, Panglima TNI menegaskan akan mengerahkan satu pesawat untuk operasi Teknologi Modifikasi Cuaca atau TMC. Pesawat yang didatangkan adalah jenis CN295 yang dinilai lebih mumpuni.

"Pesawat yang kita datangkan ini mampu mengangkut garam atau NHCL 2,5 ton. Pesawat CN295 sehari bisa berperasi selama 2 X kali," kata Panglima TNI, Minggu (15/9/2019).

Pesawat CN295 saat ini sudah berada di Kompleks Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Pesawat tersebut bakal melakukan hujan buatan ini akan bergabung dengan dua pesawat lainnya yakni jenis Cassa. Dua pesawat ini melakukan operasi TMC, namun belum begitu membuahkan hasil.

"Kalau pesawat yang datang sudah bergabung melakukan operasi TMC, berarti satu hari bisa menembar 7 ton garam di awan. Karena pesawat Cassa itu daya angkut garamnya 1 ton." imbuhnya.

Selain itu Panglima TNI menegaskan bahwa akan penambahan pasukan untuk membantu bersama personil yang ada. "Akan datang lagi 350 personel tim gabungan TNI, Polri dan instasi lain untuk membantu Karhutla," tegas Panglima TNI.

Panglima TNI melakukan kunjungan kerja selama dua hari yakni dari tanggal 13-14 September 2019 di Pekanbaru.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4834 seconds (0.1#10.140)