Kisah Soetarjo, Pejuang Gerilyawan Bersenjata Peluru Uang Koin Usir Tentara Sekutu

Selasa, 20 Agustus 2024 - 09:00 WIB
loading...
Kisah Soetarjo, Pejuang...
Soetarjo menjadi satu dari sekian pejuang gerilyawan Indonesia di Malang berumur 99 tahun. Foto: SINDOnews/Avirista Midaada
A A A
SOETARJO menjadi satu dari sekian pejuang gerilyawan Indonesia di Malang yang berumur panjang. Pria yang menghabiskan masa tuanya di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, ini merupakan anggota pasukan gerilyawan pada tahun 1947 hingga 1949.

Soetarjo menyatakan, jika ia merupakan anak ketiga dari 6 bersaudara, kakak pertama dan keduanya merupakan pejuang gerilya. Tapi kakak keduanya gugur dalam perang di Semarang tahun 1947, membuat ia terpacu untuk ikut berjuang melawan Belanda.

“Awalnya 1945 saya pendidikan Calon Prajurit Keraton Solo. Tapi saat 1947 kakak kedua saya meninggal. Jadi saya keluar dari Calon Prajurit Keraton Solo dan ikut pasukan gerilya, kebetulan ditempatkan di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri,” ucap Soetarjo.



Soetarjo mengenang jika kakaknya itu orang yang tidak kenal rasa takut. Kakak kedua bernama Soedijono ini memiliki punya semboyan 'Berani Membunuh, Berani Dibunuh.' Kini Soedijono dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Solo Nomor 25B.

“Pertama kali dinas tahun 1947 di pemerintahan militer, sekarang Koramil, waktu itu di wilayah Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, mulai tahun 1947 sampai 1949,” ucapnya.

Soetarjo mengungkapkan, jika mereka selalu kekurangan senjata, menurutnya persenjataan lengkap hanya di kota-kota besar, sementara yang di daerah menggunakan alat seadanya. Bahkan ada momen ketika ia menggunakan senjata berburu babi hutan, tapi tidak terisi peluru.

“Saya dulu itu pegang senapan bomen, dulu itu digunakan buat berburu babi hutan. Lucunya senjatanya ada tapi pelurunya gak ada, disiasati dengan menggunakan uang koin 1 sen Belanda, tapi ya ditembakkan 10 meter hilang pelurunya,” terang pria berusia 99 tahun ini.



“Ada juga pistol yang dibawa komandan cuma satu, Bomen ada 10, senapan Jepang satu, kemudian geranat nanas buatan Jepang. Geranat nanas ini dulu dijadikan caranya dengan diikatkan sama bekas wadah cat kemudian dilempar-lempar,” sambungnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)