Dorong Pendidikan Berkualitas di Bontang, Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa Rp3,8 Miliar

Kamis, 15 Agustus 2024 - 18:04 WIB
loading...
Dorong Pendidikan Berkualitas...
Pupuk Kaltim menyalurkan Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) tahun 2024 di Bontang. Foto/Ist
A A A
BONTANG - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menunjukkan komitmennya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menyalurkan Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) tahun 2024. Program ini menyasar puluhan siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang, sebagai bagian dari upaya perusahaan dalam membangun sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Wakil Presiden TJSL Pupuk Kaltim, Sugeng Suedi, mengungkapkan bahwa tahun ini ada 52 siswa yang berhasil menerima beasiswa, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Penerima beasiswa dipilih melalui proses seleksi ketat dari total 117 pendaftar, dengan prioritas pada siswa dari masyarakat sekitar perusahaan untuk jenjang SD dan SMP, serta terbuka secara umum bagi masyarakat Bontang untuk jenjang SMA dan perguruan tinggi.

“Untuk angkatan 2024, Pupuk Kaltim mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,8 miliar untuk menanggung seluruh biaya pendidikan dan kebutuhan lainnya hingga para penerima lulus,” ujar Sugeng dalam acara penyaluran beasiswa yang diadakan di Hotel Grand Equator Bontang pada Kamis (8/8/2024).



Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan di Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) untuk jenjang SD hingga SMA, serta di 11 universitas terbaik di Indonesia yang terakreditasi A untuk jenjang perguruan tinggi. Semua tahapan seleksi dilakukan secara transparan, mulai dari pendaftaran hingga verifikasi langsung di lapangan, untuk memastikan bahwa beasiswa ini tepat sasaran dan benar-benar bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Direktur Operasi Pupuk Kaltim, F Purwanto, menambahkan bahwa program beasiswa ini merupakan bagian dari kontribusi perusahaan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan visi misi Pemkot Bontang. Dengan memberikan akses pendidikan yang lebih baik, Pupuk Kaltim berharap dapat mencetak generasi yang cerdas, kreatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

“Sejak dimulai pada tahun 2008, program ini telah memfasilitasi pendidikan bagi 473 anak di Kota Bontang dan Kalimantan Timur, dengan total anggaran sebesar Rp38,9 miliar,” jelas Purwanto. Ia menegaskan bahwa Pupuk Kaltim akan terus mengembangkan dan memperluas program ini, sejalan dengan kebutuhan generasi muda di era globalisasi yang semakin kompetitif.

Pemerintah Kota Bontang, yang diwakili oleh Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan, Lukman, menyampaikan apresiasi atas kesinambungan program ini. Menurutnya, beasiswa PKTPP sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045, yang berfokus pada pembangunan sumber daya manusia yang andal dan produktif.

“Kami berharap sinergi antara pemerintah dan Pupuk Kaltim akan terus berlanjut, demi mendorong penguatan kapasitas generasi muda yang berdaya saing, serta berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Bontang,” kata Lukman.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)