Gara-Gara Puntung Rokok, Tiga Hektare Lahan Perkebunan Terbakar

Rabu, 04 September 2019 - 02:03 WIB
Gara-Gara Puntung Rokok, Tiga Hektare Lahan Perkebunan Terbakar
Gara-Gara Puntung Rokok, Tiga Hektare Lahan Perkebunan Terbakar
A A A
POLEWALI MANDAR - Lahan perkebunan seluas kurang lebih 3 hektare terbakar diduga akibat punting rokok yang dibuang sembarangan. Api pun membakar lahan perkebunan wilayah Palippis, Kecamatan Banalipa, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu (4/9/2019) malam

Sejumlah aparat TNI dari Koramil setempat dibantu warga bahu membahu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Petugas kesulitan memadamkan api karena kesulitan memperoleh air. Api yang berkorban pun membakar lahan perkebunan tanaman jati putih,pohon kelapa, dan pepohonan lainnya.

Membutuhkan waktu selama tiga jam untuk memadamkan api. Sampai malam ini masih terlihat asap dari bekas pepohon yang terbakar.

Kebakaran terjadi diduga ada orang yang sengaja membuang puntung rokok di dahan kering. Apalagi kawasan yang terbakar berada di sisi jalan Trans Barat Sulawesi dan sering digunakan pengguna jalan untuk beristirahat.

Camat setempat yang juga ikut memadamkan api bersama danramil mengaku perihatin dengan kebakaran lahan ini. Dia mengimbau warga agar tidak sembarangan membuang puntung rokok di musim kemarau seperti sekarang.

Hingga malam ini belasan petuags dari TNI dan kepolisian setempat masih terus memantau kondisi lokasi yang terbakar dan berusaha memadamkan bara api yang masih nyala. Dikhawatirkan saat angin kencang bara api dapat memicu kembalinya kebakaran.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7303 seconds (0.1#10.140)