Pj Gubernur Kaltim Usul Rakor Kementerian Digelar Tiap Minggu di IKN

Selasa, 13 Agustus 2024 - 19:34 WIB
loading...
Pj Gubernur Kaltim Usul...
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar rakor semua kementerian digelar setiap minggu di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto/Ist
A A A
PENAJAM PASER UTARA - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mengusulkan agar rapat koordinasi (Rakor) semua kementerian digelar setiap minggu di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Usulan itu disampaikan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para gubernur se-Indonesia di Istana Garuda, IKN, Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa (13/8/2024).



Menurut Akmal, jika saat ini terdapat 34 kementerian di pusat, maka dalam satu tahun akan ada 34 kali rakor di IKN. Rakor mengundang para kepala dinas dan pejabat instansi terkait dari seluruh Indonesia.



Presiden Jokowi menanggapi usulan tersebut dan menyebutnya sebagai gagasan yang cerdas.

"Itu gagasan bagus," ujar Presiden.

Bila rencana ini bisa diwujudkan, maka setidaknya Kaltim akan mendapat banyak keuntungan. Sebagian tamu akan bermalam di Samarinda atau Balikpapan.



Mereka juga akan menggunakan jasa transportasi dan membeli oleh-oleh khas Kaltim. UMKM pun akan ikut terdampak.

Presiden Jokowi lantas mengatakan sangat layak ekonomi Kaltim tumbuh 7,2%. Sebab selain suntikan APBN melalui pembangunan IKN, mereka juga memiliki Pj Gubernur yang menurutnya sangat piawai mengundang uang datang ke daerah ini.

Usai pertemuan Akmal Malik mengaku sangat gembira karena Presiden Jokowi sangat mendukung ide yang disampaikan.

Akmal yang juga menjabat Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu menguraikan pesan pertama Presiden Jokowi agar para gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah mampu menyinkronkan seluruh kegiatan pusat di daerah.

"Selain itu, memastikan kabupaten dan kota fokus pada program unggulan/prioritas mereka," ungkap Akmal.

Sebagai pemerintah pusat di daerah, para gubernur juga harus mampu mendorong agar semua daerah memiliki spesifikasi terkait rencana masa depan mereka.

Presiden, kata Akmal, sangat berharap terbangun kolaborasi dan sinergi yang baik antara pusat dan daerah dalam menentukan program prioritas pembangunan ke depan.

"Para gubernur diharapkan mampu menjadi orkestrator pembangunan di daerah," lanjut Akmal.

Sebagai informasi, sebelum rapat khusus dengan para gubernur, bertempat di Istana Negara IKN, Presiden Jokowi juga mengundang seluruh bupati dan wali kota se-Indonesia. Mereka dikumpulkan bersama para gubernur.

"Itulah tadi, mengapa para gubernur dan wali kota/bupati disatukan. Sebagai wakil pusat di daerah, gubernur harus memastikan semua program daerah itu sinkron," pungkas Akmal.

Presiden Jokowi juga meminta para kepala daerah mendukung sukses pelaksanaan PON di Sumatera Utara dan Aceh.

Rapat bersama para gubernur ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)