KPU Ajak Paslon Pilgub Jabar Daftar Tepat Waktu, Jangan di Akhir!

Selasa, 13 Agustus 2024 - 15:08 WIB
loading...
KPU Ajak Paslon Pilgub...
KPU Jabar mengimbau, agar paslon kepala daerah pada Pilgub Jabar 2024 untuk mendaftarkan diri tepat waktu. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengimbau, agar pasangan calon (paslon) kepala daerah pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2024 untuk mendaftarkan diri tepat waktu.

Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni mengatakan, pendaftaran calon kepala daerah baik tingkat Jabar maupun kabupaten/kota akan dimulai pada 27-29 Agustus.



"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang mempunyai niatan untuk menjadi kepala daerah baik untuk gubernur, kabupaten kota pendaftaran tahapan itu kan tanggal 27-29. Kami mengajak jangan di akhir dan koordinasi yang preventif," imbau Ummi, Selasa (13/8/2024).



Ummi mengatakan, KPU Jabar juga sudah membuka ruang untuk para calon kepala daerah yang hendak mencari informasi terkait persyaratan dan hal lainnya. Sehingga, dirinya mendorong agar nantinya para paslon bisa mendaftarkan diri lebih awal.

"KPU sangat terbuka, hari ini ketika teman-teman ingin berkoordinasi terkait dengan syarat-syarat sebagai persiapan untuk melakukan pendaftaran tanggal 27-29, berkas-berkas apa saja yang harus disiapkan," katanya.

Selain itu, KPU Jabar juga akan segera menetapkan Data Pemilih Sementara (DPS) setelah pemutakhiran daftar pemilih dari anggota Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).



"Kami mau menetapkan di tanggal 15 di hari pertama. Meskipun belum kami putuskan, tapi kemungkinan di tanggal 15 untuk DPS untuk DPT nanti tanggal 22 karena DPS ini ada pengumuman, perbaikan, masukan dan lainnya," ungkapnya.

Adapun anggaran Pilkada 2024 di Jabar telah dipersiapkan Rp1,1 triliun. Ummi memastikan, anggaran itu sudah diturunkan ke seluruh kabupaten/kota. Hanya saja, ada satu daerah yang masih belum mendapatkan anggaran ini.

"Anggaran Pilkada serentak Rp1,1 triliun untuk mencakup 27 kabupaten/kota sudah turun, kecuali satu (daerah) hanya Kuningan saja yang belum karena berkaitan dengan perdanya (peraturan daerah). Jadi dia (turunnya) harus di bulan Agustus," tandasnya.

Caption: KPU Jabar mengimbau, agar paslon kepala daerah pada Pilgub Jabar 2024 untuk mendaftarkan diri tepat waktu. Foto/ilustrasi/dok
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)