Rumah Pemasaran Eceng Gondok Semarang Diresmikan, BRI Life Dorong UMKM Rawa Pening Tembus Pasar Global

Senin, 12 Agustus 2024 - 20:35 WIB
loading...
Rumah Pemasaran Eceng...
BRI Life meresmikan Rumah Pemasaran UMKM Eceng Gondok di Waduk Rawa Pening, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - BRI Life kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Melalui sinergi dengan perusahaan induk, Bank BRI, serta BRI Research Institute, BRI Life meresmikan Rumah Pemasaran UMKM Eceng Gondok di Waduk Rawa Pening, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Inisiatif ini diharapkan akan mendongkrak penjualan para perajin eceng gondok yang selama ini menghadapi tantangan dalam memasarkan produk mereka.

Peresmian ini bukanlah langkah pertama. Sebelumnya, BRI Life telah mengadakan serangkaian pelatihan bagi para anggota UMKM, termasuk pelatihan legalitas usaha, digitalisasi keuangan dan pemasaran, serta pendampingan dalam membentuk pojok digital atau sentra penjualan online. Tak hanya itu, BRI Life juga memberikan bantuan berupa peralatan dan perangkat digital, serta membagikan produk asuransi mikro Pijar secara cuma-cuma kepada para peserta sebagai bentuk perlindungan finansial.

Waduk Rawa Pening sendiri dipilih sebagai lokasi pemberdayaan UMKM karena keberadaan eceng gondok yang melimpah dan selama ini dianggap sebagai ancaman bagi ekosistem waduk. Namun, di tangan-tangan kreatif perajin UMKM setempat, eceng gondok diubah menjadi produk bernilai tinggi seperti tas, keranjang, tikar, dan berbagai kerajinan lainnya.



Direktur Utama BRI Life, Aris Hartanto, menyatakan harapannya agar program ini dapat meningkatkan penjualan dan kesejahteraan para perajin. “BRI Life secara konsisten mendukung program OJK dalam meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat. Melalui inisiatif ini, kami juga berusaha meningkatkan pendapatan para perajin Eceng Gondok di Waduk Rawa Pening,” ujar Aris.

Tak hanya sekedar memasarkan produk, Aris menekankan pentingnya menambahkan nilai pada produk melalui cerita latar belakang pembuatan, sehingga produk UMKM memiliki keunikan dan daya saing yang lebih tinggi di pasar.

Koordinator UMKM Eceng Gondok Rawa Pening, Firman Setiyaji menambahkan bahwa produk yang dihasilkan UMKM Bengok Craft memiliki ciri khas unik, klasik, dan etnik, serta tetap fungsional untuk penggunaan sehari-hari. “Kami ingin membawa produk lokal eceng gondok ini ke pasar global. Dengan pelatihan dari BRI Life, kami berharap para perajin lebih paham tentang manajemen keuangan dan pemasaran untuk mengembangkan usaha ke depannya," jelas Firman.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)