Khofifah Bawa Jatim Jadi Contoh Rekonsiliasi Nasional usai Pilpres 2024

Senin, 12 Agustus 2024 - 16:05 WIB
loading...
Khofifah Bawa Jatim...
Khofifah Indar Parawansa dinilai bisa menjadikan Jatim sebagai contoh dari rekosiliasi nasional usai Pilpres 2024 lalu. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SURABAYA - Khofifah Indar Parawansa dinilai bisa membawa kemajuan bagi Jawa Timur. Gubernur periode 2019-2024 itu bisa menjadikan Jatim sebagai contoh dari rekonsiliasi nasional usai Pilpres 2024 lalu.

Pengamat Politik Universitas Airlangga (Unair) Fahrul Muzaqqi mengatakan, ketegangan usai Pilpres 2024 berdampak pada polarisasi di masyarakat. Jatim juga menjadi salah satu provinsi yang terkena dampak tersebut.

Namun Khofifah sebagai pemimpin daerah bisa mencegah hal tersebut terjadi. Khofifah bisa memberikan contoh tentang pentingnya persatuan dan kesatuan melalui Pilgub Jatim mendatang.

"Jadi dalam kaitannya dengan Pilpres kemarin di mana ketegangannya itu cukup terasa, saya rasa ini Jawa Timur (di bawah Khofifah-Emul) bisa menjadi medan, atau bisa menjadi konteks yang bisa merekonsiliasi imbas dari Pilpres 2024 kemarin," kata Fahrul, Senin (12/8/2024).

Fahrul mengatakan, Jatim bisa menjadi barometer politik nasional di bawah kepemimpinan Khofifah. Apa yang terjadi di tingkat nasional bisa diredam di Jatim. "Jadi saya rasa itu sangat memungkinkan ketika kemudian Jawa Timur ini menjadi titik pusatnya ya, melalui kepemimpinan Bu Khofifah dan Mas Emil," ucapnya.

Lanjut Fahrul, Khofifah punya pekerjaan rumah untuk merealisasikan hal tersebut. Ia yakin, pengalaman Khofifah dan Emil bisa menjadikan Jatim sebagai referensi perpolitikan nasional.

"Entah nanti caranya gimana, pendekatannya gimana, tapi saya rasa Jawa Timur ini cukup strategis, cukup relevan dan cukup kontekstual untuk menjadi jembatan rekonsiliasi poltik pasca Pilpres," tandasnya.

Diketahui, Khofifah memiliki mimpi untuk bisa menjadikan Jatim sebagai contoh rekonsiliasi nasional. Sebab bagi Khofifah Jatim adalah center of garvity di Indonesia. “Tidak berlebihan kalimat yang saya sampaikan itu, menjadi referensi rekonsiliasi nasional. Karena pada dasarnya Jawa Timur itu adalah center of gravity bagi Indonesia,” tutur Khofifah.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)