Kisah Untung Suropati Menyamar Jadi Penjual Sirih Lolos dari Sergapan Tentara VOC Belanda

Senin, 12 Agustus 2024 - 07:10 WIB
loading...
Kisah Untung Suropati...
Pahlawan nasional Untung Surapati menyamar jadi penjual sirih dalam menghindari sergapan tentara VOC Belanda. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
BERBAGAI penyamaran dilakukan Untung Suropati dalam menghindari sergapan tentara VOC Belanda. Salah satunya dengan menyamar sebagai penjual daun sirih.

Konon saat itu nama Untung Suropati memang tengah diburu untuk ditangkap. Bahkan sayembara besar-besaran berhadiah uang besar diselenggarakan pemerintah Hindia Belanda, demi menangkap Untung Surapati.



Setelah diburu VOC usai pertempuran sengit yang mengakibatkan kawan-kawannya gugur, penyamaran Untung Suropati dimulai.

Untung Suropati dan pasukannya memang sempat bertempur melawan Belanda, tapi kalah persenjataan hingga berhasil dipukul mundur.

Kala itu, Untung Suropati selamat dari berondongan peluru pasukan VOC Belanda dan melarikan diri. Pahlawan nasional ini menghilang ke rerimbunan rumput ilalang dan bersembunyi di hutan belantara. Akibatnya pasukan Belanda kesulitan mengendus jejaknya.

Kalah di pertempuran tak membaut Untung Suropati gentar dan mundur. Justru ia kembali memilih ke ibu kota Batavia, dengan menyamar sebagai penjual daun sirih.



Penyamaran ini tentu bukan tanpa alasan, selain untuk menggalang dukungan dari rakyat yang dijajah VOC Belanda.

Dikutip dari "Untung Surapati Melawan VOC Sampai Mati: Kisah Hidup dan Sejarah Untung Surapati Sejak Jadi Budak hingga Pahlawan", Untung Suropati menggalang dukungan untuk melanjutkan perjuangannya melawan kesewenang-wenangan VOC Belanda
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)