Petik Laut di Probolinggo Diikuti Ratusan Kapal, Dimeriahkan Festival Budaya

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 07:35 WIB
loading...
Petik Laut di Probolinggo...
Tradisi petik laut ini dimeriahkan dengan parade ratusan kapal di Probolinggo. Foto/Istimewa
A A A
PROBOLINGGO - Dua desa yang tergabung dalam Karang Taruna (Kartar) Heppiii Community Probolinggo dari Desa Binor, dan Kalibuntu menggelar acara petik laut. Tradisi petik laut ini dimeriahkan dengan parade ratusan kapal.

Selain parade ratusan kapal, kegiatan ini menampilkan sejumlah tampilan budaya dan kegiatan rohani. Menurut Koordinator Kartar Heppiii Community Probolinggo Andi Susanto, kegiatan ini dilaksanakan sejak pertengahan Juli hingga akhirJuli kemarin.

Pihaknya mengapresiasi kreativitas kartar yang menggelar kegiatan dengan berbagai kegiatan budaya, keagamaan dan sosial di desa masing-masing.



“Ada yang menggelar festival parade perahu, budaya ketoprak, ada juga istigosah dan pengajian, serta banyak lagi kegiatan kebersamaan dan kerukunan warga desa. Kegiatan ini menghidupkan ratusan UMKM seperti para pedagang di lokasi acara,” kata Andi, Jumat (9/8/2024).

Ketua Karta Heppiii Community Desa Kali Buntu, yang juga panitia acara Bogel Kusuma mengatakan, acara petik laut ini juga menjadi daya tarik wisata tersendiri. Saat rangkaian puncak mengarak sesajen ke tengah laut ada sekitar 400 kapal mengiringinya hingga meletakkan sesaji.

“Acaranya berjalan lancar dan sangat ramai, banyak juga wisatawan yang datang ikut kapal ke tengah laut, warga di luar desa juga pada datang,” jelasnya sembari menyebut jika acara ini juga dihadiri PJ Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dan jajaran Polres Probolinggo.



Desa Binor yang tergabung dalam Heppiii Community juga menggelar acara petik laut. Warga di desa ini juga menggelar berbagai kegiatan seperti lomba perahu hias, lomba kebersihan lingkungan, kemudian festival budaya, dan pengajian serta khotmil quran.

“Di Desa Binor juga ada obyek wisata yakni terumbu karang yang sangat indah, di pantai sana kami gelar festival yang kami namakan Festival Karang Kranji, ada ratusan warga juga yang ikut ke tengah laut bersama perahu nelayan,” jelas ketua Karta Binor Dicky Irqi Z.

Kegiatan petik laut di berbagai desa ini sebagai bentuk rasa syukur warga desa kepada Tuhan atas hasil yang didapat selama setahun terakhir ini. Petik laut ini juga menjadi ajang silaturahmi antar warga serta sebagai bentuk promosi wisata di desa masing-masing.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)