Golkar Ajukan Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar, Ridwan Kamil Didukung ke Pilgub Jakarta

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 16:58 WIB
loading...
Golkar Ajukan Dedi Mulyadi...
Dedi Mulyadi telah resmi mendapatkan dukungan dari Partai Golkar untuk maju di Pilgub Jawa Barat 2024. Sedangkan Ridwan Kamil diajukan ke Pilgub Jakarta. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi telah resmi mendapatkan dukungan dari Partai Golkar untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Sedangkan Ridwan Kamil diajukan ke Pilgub Jakarta.

Ketua Pemenangan Pemilu (PP) Wilayah Jawa 1 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten) Partai Golkar, MQ Iswara mengatakan, dukungan tersebut merupakan hasil pembicaraan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Nantinya, Dedi Mulyadi akan didampingi oleh kader dari Golkar.



"Seperti disampaikan Pak Airlangga ini merupakan hasil pembicaraan KIM yang akan menjadi calon gubernur Jabar Pak Demul dan wakilnya dari Partai Golkar," ucap Iswara, Sabtu (3/8/2024).

Iswara mengatakan, Partai Golkar akan mengusulkan satu orang untuk mendampingi Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024. Pihaknya kini sudah mengantongi tiga nama yang akan dipilih nantinya.



"Wakilnya itu Insya Allah dari Partai Golkar sejauh ini ada tiga nama yang masuk nominasi, tapi saya mohon izin belum bisa menyebutkan namanya itu yah," imbuhnya.

Disinggung soal potensi mengusung nama lain dari KIM seperti Bima Arya, Iswara memastikan, hal itu nantinya akan dibahas lebih jauh bersama partai koalisi. Dia memastikan tidak akan ada pecah kongsi di KIM.



"Untuk mendampingi pak Demul nanti dari Partai Golkar. (Nasib Bima Arya) Rasanya itu nanti dirapatkan oleh para partai pengusung. KIM Jabar Solid," ucapnya.

Sementara untuk nasib Ridwan Kamil, Iswara mengatakan bahwa suami Atalia Praratya itu akan disiapkan untuk Pilgub Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"Pak Ridwan Kamil ke Jakarta," ujarnya.

Ditanya soal wakil yang akan mendampingi Ridwan Kamil, Iswara mengatakan hal itu masih akan dibahas partai politik di KIM.

"Siapa wakilnya? Masih dibahas di KIM. Itu wakilnya surprise untuk Pak Ridwan Kamil," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, partainya akan mendukung Dedi Mulyadi sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jabar 2024. Hal ini memberikan sinyal partai berlambang pohon beringin itu bakal berlaga di Pilkada Jakarta.

Airlangga mengatakan, bahwa pengurus Golkar di Jabar sudah menggelar pertemuan dengan Dedi Mulyadi.

"Perkembangannya tadi di pertemuan di Jawa Barat antara Partai Golkar, DPP Partai Golkar dan DPD Partai Gerindra. Kemudian ada juga pertemuan antara calon gubernur Jawa Barat, saudara Dedi Mulyadi dengan pengurus Golkar juga, antara lain Wakil Ketua (DPRD Jabar) Pak Ade Ginanjar. Jadi, pembicaraan kami sudah sampai ke arah sana," kata Airlangga di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2024) malam.

Saat ditanya siapa sosok yang diusung oleh Golkar di Pilkada Jakarta, Airlangga tidak menjawab dengan tegas. Ia hanya menyinggung adanya KIM plus yang merujuk kepada partai-partai pendukung Prabowo-Gibran di pilpres, ditambah dengan partai di luar koalisi.

"Ya kan sudah jelas kalau Jawa Barat begitu, berarti (yang diajukan) di Jakarta siapa. Masih nanya lagi? Apalagi Jakarta-nya KIM plus," ujar dia.

Sementara itu, Dedi Mulyadi memastikan sudah berkomunikasi dengan Airlangga Hartarto. Dia mendapatkan beberapa pesan dari Airlangga untuk Pilgub Jabar.

"Oh yang disampaikan pada Pak Airlangga pesan ke sayanya ‘jadi duda yang baik, jangan terlalu jauh kalau main dari luar rumah, jangan melewati Jawa Barat, harus berada di wilayah Jawa Barat’, katanya, begitu pesannya," kata Dedi Mulyadi usai bertemu dengan utusan Airlangga Hartarto bernama Singgih Januratmoko di Kota Bandung, Jumat (2/8/2024) malam.

"Kemudian (pesan berikutnya) ya kan gitu, cari pasangan di Partai Golkar yang sesuai dengan kriteria sebagai calon istri yang baik," tambahnya.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)