Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional IX Tahun 2024 Digelar di Jawa Barat

Kamis, 01 Agustus 2024 - 15:28 WIB
loading...
Gebyar Perbenihan Tanaman...
Jawa Barat menjadi tuan rumah Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan IX yang telah berlangsung Sabtu hingga Selasa (27-30/7/2024) yang lalu. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat Dadan Hidayat mendampingi Penjabat Gubernur Jawa Barat
A A A
BANDUNG - Jawa Barat menjadi tuan rumah Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan IX yang berlangsung pada Sabtu hingga Selasa (27-30/7/2024) yang lalu.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat Dadan Hidayat mendampingi Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Wakil Menteri Pertanian RI Sudaryono, membuka Gebyar Perbenihan di Gedung Budaya Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Sabtu (27/7/2024).

Selama tiga hari berbagai kegiatandigelar, mulai dari gelar teknologi benih tanaman pangan, sarasehan perbenihan, pameran produk pertanian, klinikkonsultasi perbenihan, job fair industri benih, hingga berbagai perlombaan. Ajang tahunan ini menampilkan berbagai varietas tanaman pangan tahan hama, penyakit, dan kondisi lingkungan tertentu, seperti padi, jagung, umbi-umbian, dan aneka sayuran.

Menurut Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, Gebyar Ketahanan Pangan bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan di sektor pertanian. "Perbenihan tanaman ini sendiri banyak varian sehingga petani punya banyak pilihan tentunya disesuaikan dengan kontur, lokasi, iklim, tanah, ketinggian, dan lainnya," katanya.
Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional IX Tahun 2024 Digelar di Jawa Barat


Bey menambahkan, benih pertanian yang ditanam seperti padi, jagung, kacang-kacangan, merupakan inovasi-inovasi dalam upaya mengatasi permasalahan pangan di Indonesia. Hal itu dalam upaya menjaga dan menyediakan pangan yang cukup. Bey mengapreasi semua pihak yang berkontribusi dalam bidang pertanian.

Sudaryono berharap pemerintah dan masyarakat dapat sama-sama menuntaskan permasalahan pangan dimulai dari pembenihan.

"Semua sektor dinas, para gubernur termasuk kementerian pertanian, melakukan penyuluhan kepada para petaninya. Mulai menanam dengan jenis yang bagus dan seterusnya," ujarnya.

Bey mengapreasi semua pihak yang berkontribusi dalam bidang pertanian dan dalam acara yang mengusung tema 'Mewujudkan Kemandirian Benih Tanaman Pangan untuk Kedaulatan Pangan Menuju Indonesia Emas 2045'.

Dadan menuturkan, ada kurang lebih 186 vareitas benih unggul yang ditampilkan di acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ini. “Benih unggul yang dipamerkan merupakan benih yang sudah tersertifikat, yang merupakan syarat peningakatan produksi, nantinya mampu meningkatkan produksi sampai dengan 40persen, dan itu merupakan solusi untuk masa depan pertanian,” tutur Dadan.

Selain itu, kegiatan ini menawarkan berbagai inovasi dalam perbenihan yang mendukung petani lokal meningkatkan produktivitas dan ketahanan pangan nasional. Provinsi Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah Kegiatan Perbenihan Gebyar Tanaman Pangan Nasional X Tahun 2025.
(ars)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2374 seconds (0.1#10.140)