PT SPIL Gandeng Unilever Indonesia Terapkan Supply Chain Visibility

Senin, 24 Agustus 2020 - 17:03 WIB
loading...
PT SPIL Gandeng Unilever Indonesia Terapkan Supply Chain Visibility
PT SPIL menjadi perusahaan pelayaran logistik berbasis teknologi di industri pelayaran. Foto/SINDOnews/HO/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - PT Unilever Indonesia Tbk., salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG) di Indonesia, berkerja sama dengan salah satu perusahaan pelayaran logistik di Indonesia, PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) di bidang Information technology (IT).

(Baca juga: Pemilik Surat Ijo Kembali Protes ke Balai Kota Surabaya )

Kedua perusahaan ini berkomitment untuk melakukan Application Programming Interface (API) Connection yang menghubungkan dua sistem dari masing-masing perusahaan demi mendapatkan manfaat yang saling menguntungkan. Salah satu tujuan utama yang diharapkan adalah peningkatan efisiensi dalam hal pengiriman barang.

Logistics Digital Lead Unilever Indonesia, Joko Purnomo mengatakan, API connection adalah suatu langkah penting untuk memastikan kecepatan dan akurasi informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk melihat status pengiriman yang menggunakan jasa PT SPIL.

"API Connection menghubungkan platform monitoring kami, yaitu DIGILOG dengan platform PT SPIL yaitu SPILDEX," katanya. (Baca juga: Tak Pakai Masker, Sejumlah Warga Salatiga Dihukum Pushup )

Melalui koneksi ini, lanjut Joko bisa didapatkan akurasi data dan real time update terkait ATD, ATA, ATB, FXD, dan Empty Return. Tak hanya itu, pihaknya juga dapat melihat real time vessel position serta visibility terhadap perhitungan storage dan demurrage sebagai bagian dari total unplanned cost.

"Tentunya dengan penambahan fitur ini, operational pengiriman menjadi lebih efisien," tegasnya. (Baca juga: Pria Tanpa Identitas Luka Parah Disambar Kereta Api di Kota Medan )

Senior Strategic Development & Implementation PT SPIL, Suriadi Taslim, mengungkapkan sejak 2017 lalu, PT SPIL menjadi perusahaan pelayaran logistik berbasis teknologi yang mempelopori digitalisasi di industri pelayaran lokal dengan diluncurkannya aplikasi mySPIL.

"Saat ini aplikasi tersebut telah menjadi platform utama bagi customer untuk melakukan transaksi di PT SPIL," kata dia. (Baca juga: Tragis, Paman Tega Cabuli Ponakan yang Masih Berusia 8 Tahun )

Secara agresif perusahaan pelayaran dengan lebih dari 40 cabang yang tersebar di Indonesia itu terus melakukan inovasi digital logistic platform. Melalui produk SPILDEX yang di khususkan untuk segmen korporasi, mitra akan mendapatkan informasi lebih cepat, akurat, dan customize sesuai yang dibutuhkan.

Suriadi menegaskan, bahwa kemudahan layanan yang diberikan oleh SPILDEX membuat mitra PT SPIL terbantu dalam hal pengiriman produk. Tak hanya perusahaan FMCG, perusahaan di bidang Food & Beverage dan Oil & Gas-pun merasakan kemudahan saat pengiriman barang.

"Kami terbuka dan siap bekerja sama dengan perusahaan lain yang tertarik pada Supply Chain Visibility dengan penggunaan SPILDex. Adanya dukungan team IT dan Development yang handal, digital logistic platform ini akan mempermudah dalam proses pengiriman untuk kedua belah pihak," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)