Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII Gelar Karavan Budaya Bertajuk Marijo Ka Likupang

Kamis, 25 Juli 2024 - 16:04 WIB
loading...
Balai Pelestarian Kebudayaan...
Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XVII Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menggelar Karavan Budaya bertajuk Marijo Ka Likupang di Mantos 3, Sabtu 20 Juli 2024. Foto/Istimewa
A A A
MANADO - Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XVII Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menggelar Karavan Budaya bertajuk Marijo Ka Likupang. Kegiatan ini dalam rangka pendukungan Destinasi Super Prioritas Likupang.

Kegiatan ini digelar di Manado Town Square 3 (Mantos 3) sebagai lanjutan dari hari sebelumnya yang di gelar di JG Center Minahasa Utara. Lingkup kegiatan ini mencakup talk show yang menampilkan beberapa narasumber:

Asisiten I Bidang Pemerintahan DR Denny Mangala mewakili Gubernur Sulawesi Utara, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Alan Mingkid mewakili Bupati Minahasa Utara, Kepala Balai Pelestarian Wilayah XVII Sri Sugiharta, dan Putri Otonomi Indonesia 2023 Elisha Lumintang.



Selain talk show, acara ini dimeriahkan dengan pentas seni oleh sanggar-sanggar seni se-Sulawesi utara dan Gorontalo. Tampil secara bergantian pertunjukan seni tari, paduan suara, monolog, puisi, kolintang, dan ditutup dengan penampilan tiga bintang tamu utama yaitu, Gio Lelaki, Major 9, dan Basqilano yang merupakan artis-artis kebanggaan Sulawesi Utara.

Sri Sugiharta menjelaskan bahwakegiatan ini bertujuan untuk mendukung Destinasi Super Prioritas Likupang dari segi pemajuan kebudayaannya sebagai implementasi dari Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Ketua Panitia Kegiatan, Ricky FS Rumagit menambahkan kegiatan ini dapat memupuk rasa cinta pada budaya bangsa, memperkuat jati diri, dan karakter bangsa, serta menguatkan ketahanan budaya.

Salah satu pengunjung Mantos 3 sangat mengapresiasi kegiatan ini, salah satunya Adriyan Naue, pengunjung yang berasal dari Bolaang Mongondow Timur Sulawesi Utara.

“Sejujurnya saya baru mengetahui bahwa Likupang menjadi salah satu dari 5 Destinansi Super Prioritas di Indonesia, sebagai warga Sulawesi Utara tentunya saya merasa sangat bangga. Kegiatan semacam ini dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait DSP Likupang,” tuturnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)