Penyebab Keruntuhan Kerajaan Kalingga, Berlangsung Setelah Era Kejayaan Ratu Shima

Rabu, 24 Juli 2024 - 13:12 WIB
loading...
Penyebab Keruntuhan...
Ratu Shima memimpin Kerajaan Kalingga hingga mencapai puncak kejayaan. Foto/Ilustrasi/Instagram @ainusantara
A A A
KERAJAAN Kalingga mengalami keruntuhan yang disebabkan sejumlah alasan menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Salah satunya diakibatkan serangan dari kerajaan lain.

Kalingga merupakan sebuah kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang pernah eksis di Jawa Tengah. Dikenal juga sebagai Kerajaan Holing, keberadaannya diperkirakan bermula sekitar abad ke-6.



Pada perkembangannya, Kerajaan Kalingga memperoleh era kejayaan di pemerintahan Ratu Shima. Akan tetapi, kerajaan ini mulai mengalami kemunduran setelah Ratu Shima wafat pada 695.

Berkaitan dengan keruntuhannya, ada beberapa faktor yang membuat Kerajaan Kalingga runtuh. Diolah dari berbagai sumber, Selasa (23/7/2024), berikut ini di antaranya.

Penyebab Keruntuhan Kerajaan Kalingga

1. Kehilangan Sosok Ratu Shima


Berakhirnya era pemerintahan Ratu Shima membuat keadaan Kerajaan Kalingga goyah. Meski memiliki penerus, raja baru dianggap kurang memenuhi harapan rakyat.



Pada akhirnya, rakyat Kalingga dihadapkan dengan berbagai kebijakan baru yang dirasa menyimpang. Sebagai hasilnya, muncul ketidakpuasan yang menyulut ketegangan tersendiri antara rakyat dan pihak istana.

Tak hanya politik, situasi ekonomi juga mengalami kemerosotan sejak Ratu Shima meninggal dunia. Sebagai contoh, waktu itu muncul berbagai gejolak yang mengganggu aktivitas perdagangan dari kerajaan.

2. Perebutan Takhta


Sebagaimana kerajaan-kerajaan lain, keruntuhan Kalingga juga tak bisa dilepaskan dari konflik internal. Hal ini terjadi usai berakhirnya pemerintahan Ratu Shima.

Sepeninggal Ratu Shima, wilayah Kalingga dibagi dua bagian untuk anak-anaknya, yaitu Dewi Parwati dan Narayana. Masalah muncul ketika Parwati meninggal dunia dan mengakibatkan perebutan takhta.

Narayana yang sebelumnya sudah diberi bagian merasa kurang dan ingin menguasai seluruh wilayah Kalingga. Akibatnya, sempat terjadi kerusuhan di dalam lingkungan kerajaan.

3. Serangan Kerajaan Sriwijaya


Penyebab lain dari runtuhnya Kerajaan Kalingga adalah mendapat serangan dari Kerajaan Sriwijaya. Di tengah kondisi Kalingga yang kurang baik, pasukan kerajaan tidak bisa menahan perlawanan Sriwijaya.

Tak sekadar ingin memperluas wilayah, Sriwijaya menyerang Kerajaan Kalingga karena wilayahnya masuk dalam bagian jaringan perdagangan Hindu bersama dengan Malayu dan Tarumanegara.

Itulah beberapa penyebab keruntuhan Kerajaan Kalingga yang bisa diketahui.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)