Motif Teror Bom Molotov Kantor PDIP Diduga Terkait Pembakaran Bendera

Senin, 24 Agustus 2020 - 12:29 WIB
loading...
Motif Teror Bom Molotov Kantor PDIP Diduga Terkait Pembakaran Bendera
Massa simpatisan dan kader PDIP. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BANDUNG - Aksi teror bom molotov yang menyasar kantor PDIP di Kabupaten Bogor dan Cianjur, Jawa Barat , diduga terkait kasus pembakaran bendera partai tersebut di DPR RI beberapa waktu lalu.

Tujuh terduga pelaku pelemparan bom molotov telah diamankan di Polres Bogor. Mereka diduga melemparkan bom molotov ke Kantor Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDIP Cileungsi, Kabupaten Bogor pada Rabu 29 Juli 2020 lalu. (BACA JUGA: 7 Terduga Pelaku Teror Bom Molotov Kantor PDIP di Bogor Diringkus )

"Motifnya sejauh ini berdasarkan keterangan (para terduga pelaku), ini ada ketidaksukaan (terhadap PDIP). Kasus ini diduga terkait pembakaran bendera di DPR. Itu motifnya untuk sementara," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago di Mapolda Jabar, Senin (24/8/2020). (BACA JUGA: Rumah Wakil Ketua PDIP Kabupaten Bogor Dilempar 3 Bom Molotov )

Seperti diketahui, terjadi pembakaran bendera PDIP di DPR RI saat massa menggelar unjuk rasa terkait penolakan terhadap Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). (BACA JUGA: 3 Bom Molotov Dilemparkan ke Kantor PAC PDIP Cileungsi Bogor )

Sebelumnya diberitakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Teror bom molotov menyasar kantor Sekretariat PAC PDIP Kecamatan Cileungsi. Kantor PAC PDIP Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor ini merupakan rumah Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Bogor Muad Halim.

Sebelumnya, teror bom molotov juga terjadi di rumah Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Bogor Ronsefield Panjaitan pada Selasa 28 Juli 2020 pukul 02.30 WIB. Tiga bom molotov dilemparkan oleh tiga pelaku yang mengendarai sepeda motor.

Meski dilempar bom molotov berisi bahan bakar dan disulut api, kantor PAC PDIP Megamendung, tak terbakar. Bom molotov hanya menyebabkan dinding garasi dan dinding rumah menghitam.

Peristiwa ketiga terjadi di Kantor DPC PDIP Kabupaten Cianjur pada Jumat 7 Agustus 2020 dini hari. Tiga bom molotov yang dilemparkan pelaku menyebabkan pintu depan kantor menghitam meski tak terbakar dan satu kursi ludes dilalap api.

Aksi pelemparan bom molotov yang dilakukan oknum tak dikenal di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cianjur, Jabar, sempat terekam kamera CCTV. Kasus ini masih dalam penyelidikan polisi.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)