Pudam Tirta Lawu Karanganyar Salurkan Air Bersih ke TC NPC Delingan

Senin, 22 Juli 2024 - 17:20 WIB
loading...
Pudam Tirta Lawu Karanganyar...
Pemasangan jaringan air ke Training Camp National Paralympic Commitee (TC NPC) di Delingan, ditarget rampung pada September 2024. Foto/Istimewa
A A A
KARANGANYAR - Pemasangan jaringan air ke Training Camp National Paralympic Commitee (TC NPC) di Delingan, ditarget rampung pada September 2024.

Direktur Utama PUDAM Tirta Lawu Karanganyar Prihanto menyatakan, pemasangan jaringan air di kawasan ini menelan biaya Rp3,3 miliar.

“Pembangunan jaringan air ini merupakan penunjang operasional proyek strategis nasional pembangunan TC NPC,” kata Prihanto, Senin (22/7/2024).



Saat ini pihaknya mulai melakukan pemasangan pipa jaringan air. Pemasangan pipa ini ditargetkan selesai dua bulan kedepan.

“Jaringan pipa yang dipasang memiliki panjang 6,3 kilometer (km) dari Sumber Ngumpeng Karangpandan ke Delingan. Ya, ditanam dalam tanah dengan jenis pipa HDPE 4 inchi,” terangnya.

Dilanjutkan dia, pemasangan jaringan pipa ini terpisah dengan jaringan pelanggan PUDAM. ”Total anggarannya sekira Rp3,320 miliar. Seluruhnya sudah siap. Tinggal pelaksanaan,” jelasnya.

Prihanto menjelaskan pemakaian air untuk TC NPC diperkirakan mencapai 350 meter kubik per hari, atau setara dengan sebanyak 1.323 sambungan rumah (SR).

Biaya pemakaian air itu mencapai Rp66,150 juta per bulannya. Meunrutnya, hal ini sangat menguntungkan bagi PUDAM. ”Biasanya butuh waktu 90 hari kerja. Tetapi ini dikerjakan dalam waktu dua bulan,” sambungnya.

Untuk diketahui, megaproyek pembangunan TC atlet NPC di Delingan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, mulai dikerjakan pada Jumat (8/3/2024). Peletakkan batu pertama pembangunan itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hadir mendampingi Presiden, Menteri PUPR Basuki Hadi Moeljono, dan sejumpat pejabat lainnya. Dikatakan Jokowi, TC bagi atlet NPC dibangun di atas lahan seluas delapan hektare atau 80.000 meter persegi. Pembangunan TC bagi atlet NPC ini menelan biaya Rp409 miliar.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)