Punya Nama Baik, Anwar Hafid Dinilai Kriteria Pemimpin Idaman

Kamis, 18 Juli 2024 - 19:21 WIB
loading...
Punya Nama Baik, Anwar...
Cagub Sulteng Anwar Hafid memiliki nama baik berkat rekam jejaknya selama menjalankan amanat rakyat. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PALU - Calon gubernur (cagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid memiliki nama baik berkat rekam jejaknya selama menjalankan amanat rakyat. Rekam jejak kienrja Anwar Hafid bahkan terbukti dari berbagai prestasinya selama memimpin Morowali bahkan DPR.

"Modal yang utama dalam politik adalah modal nama, kebaikan, dan teladan, Ini adalah investasi Anwar Hafid," ucap Pengamat Politik Universitas Tadulako Muhammad Khairil, Kamis (18/7/2024).

Keberhasilan Anwar Hafid dibuktikan melalui berbagai program pro rakyat yang hingga saat ini masih terlaksana. Sebagai Bupati Morowali selama dua periode, Anwar Hafid tuntas membawa program jangka panjang yang dirasakan dampaknya hingga hari ini.

Berkat kebijakannya, Anwar Hafid menggratiskan seluruh biaya pendidikan sekolah hingga kuliah dan kesehatan warga Morowali tanpa terkecuali. Alhasil Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di sana meningkat dari dari 69,33% pada 2007, menjadi 71,14%pada 2018.

Tidak cuma itu, ketua Partai Demokrat Sulteng ini juga berhasil membuat ekonomi Morowali kala itu tumbuh positif signifikan mengalahkan provinsi. Data Pemerintah Kabupaten Morowali tahun 2008 menyebut, pertumbuhan ekonomi di Bumi Tepe Asa Moroso sebesar 11,09%, meningkat menjadi 13,8% pada 2018.

Kemudian, ketika menjabat sebagai anggota DPR selama dua periode, Anwar Hafid terekam paling banyak menyuarakan aspirasi warga Sulteng. Putra asli Morowali inimemainkan perannya sebagai penyambung lidah dna pejuang aspirasi rakyat.

Khairil mengatakan, perjalanan karir penuh prestasi dari bupati hingga DPR, membuktikan Anwar Hafid memiliki modal politik yang sangat kuat. Sehingga bukan sebuah hal yang mustahil jika hari ini namanya dikenal baik dan dihormati oleh rakyat. "Beliau pernah dua periode jadi bupati kemudian jadi anggota DPR RI modal politik yang luar biasa menurut saya," terangnya.

Kinerjanya di parlemen berhasil ia buktikan dengan segudang penghargaan. Tercatat, pada 2023, dia dianugerahi penghargaan sebagai Legislator Peduli Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Daerah Pemilihan dari KWP Award.

Sebelumnya, pada tahun 2022, ia menerima Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Award atas perannya yang aktif dalam membangun konstituennya. Pada 2020, Anwar Hafid juga mendapat Anugerah Teropong Parlemen Award sebagai Tokoh Peduli Daerah.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)