alexametrics

Cuaca Buruk di Hari Keenam, Helikopter MI-17 Belum Juga Ditemukan

loading...
Cuaca Buruk di Hari Keenam, Helikopter MI-17 Belum Juga Ditemukan
Cuaca buruk membuat pencarian pesawat helikopter milik Penerbad TNI AD jenis MI-17-V5 pada heri keenam, Rabu (3/7/2019) terhambat. Foto/Pendam Cendrawasih
A+ A-
JAYAPURA - Hingga hari keenam, pesawat helikopter MI-17-V5 milik TNI AD yang hilang kontak pada Jumat, 28 Juni 2019 sekitar pukul 11.45 WIT di wilayah Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua belum juga diketemukan.

Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi menjelaskan, pada Rabu (3/7/2019) proses pencarian helikopter dengan nomor registrasi HA 5138 dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIT.

Operasi pencarian helikopter yang dioperasikan Penerbad TNI AD dimulai dalam kondisi hujan yang mengguyur wilayah Sentani, Jayapura. Sedangkan di wilayah Oksibil dilaporkan cuaca berawan.
Cuaca Buruk di Hari Keenam, Helikopter MI-17 Belum Juga Ditemukan

“Proses pencarian oleh Tim SAR Darat yang dilaksanakan di Distrik Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang dilaksanakan dengan melakukan penyisiran di sekitar kampung-kampung yang ada di lereng pegunungan sambil mengumpulkan keterangan dari penduduk,” kata Wakapendam dalam keterangan tertulis, Rabu (2/7/2019)



Sementara dua tim SAR Darat lainnya tetap melakukan penyisiran di Distrik Airu dan Lereh, Kabupaten Jayapura.

Pencarian melalui udara dilakukan sebanyak satu kali penerbangan pencarian (searching flight) oleh 1 unit helikopter Bell 412 No Reg HA 5185 dengan area pencarian di atas Distrik Okbape.
Cuaca Buruk di Hari Keenam, Helikopter MI-17 Belum Juga Ditemukan

“Setelah 40 menit melakukan penyisiran dari udara, pilot melaporkan bahwa kondisi cuaca semakin memburuk dan jarak pandang semakin terbatas,” paparnya. Sehingga diputuskan untuk kembali ke Base di Bandara Oksibil.

Hingga pukul 14.30 WIT kondisi cuaca masih belum membaik bahkan cenderung semakin berawan tebal disertai hujan. Sehingga tidak memungkinkan untuk melanjutkan pencarian melalui udara.

“Proses pencarian dihentikan sementara pada pukul 15.00 WIT dan akan dilanjutkan esok hari,” ujar Wakapendam.

Dia menambahkan bahwa sampai dengan Rabu (3/7/2019) pukul 15.00 WIT, proses pencarian baik melalui darat maupun udara belum menemukan tanda-tanda keberadaan helikopter tersebut.
Cuaca Buruk di Hari Keenam, Helikopter MI-17 Belum Juga Ditemukan

Diketahui, helikopter yang sedang membawa 12 penumpang itu sedang dalam penerbangan dari Oksibil, Pegunungan Bintang ke Lanud Silaspapare, Jayapura.

Dari 12 orang penumpang tersebut, 7 orang di antaranya awak helikopter, dan 5 personel Satgas Yonif 725/Wrg yang akan melaksanakan pergantian pos. (baca juga: Ini Nama 12 Personel TNI Penumpang Heli MI-17 yang Hilang Kontak di Papua)
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak