Fenomena Suhu Dingin Landa Bandung Raya hingga 16 Derajat, Ini Kata BMKG

Selasa, 16 Juli 2024 - 07:45 WIB
loading...
Fenomena Suhu Dingin...
BMKG Bandung menyebut suhu dingin di Bandung Raya mencapai 16 derajat Celsius akan terus terjadi hingga Agustus 2024 mendatang. Foto: iNews TV/Ervan David
A A A
BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menyebut suhu dingin khususnya di wilayah Bandung Raya rata-rata mencapai 16 derajat Celsius. Diprediksi suhu dingin ini akan terus terjadi hingga Agustus 2024 mendatang.

Dalam beberapa hari terakhir, suhu di Bandung mengalami penurunan temperatur, terutama di kawasan pegununganseperti wilayah Lembang. Dari catatan BMKG Bandung, rata-rata suhu Bandung mencapai 16 derajat Celsius.

Prakirawan BMKG Bandung Darmawan mengatakan, penurunan suhu ini diakibatkan oleh adanya fenomena alamiah di musim kemarau yaitu "Clouds and Visibility OK”. Fenomena ini akan berlangsung hingga Agustus mendatang.



”Fenomena ini disebabkan energi panas gelombang pendek matahari yang tidak terpantulkan ke bumi karena tidak adanya pembentukan awan,” kata Darmawan kepada iNews Media Group, Selasa (16/7/2024).



Bahwa suhu rata-rata Bandung sendiri berada di kisaran 18 derajat Celsius. BMKG mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan mengantisipasi dampak dari suhu dingin yang saat ini tengah terjadi.

Suhu dingin yang terjadi saat ini juga tidak hanya terjadi di wilayah Bandung Raya saja melainkan seluruh Pulau Jawa, bahkan hingga Sumatera bagian selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)