Kutukan Mpu Gandring ke Ken Arok usai Menikam dengan Keris Sakti Buatannya

Minggu, 14 Juli 2024 - 07:41 WIB
loading...
Kutukan Mpu Gandring...
Mpu Gandring pembuat keris sakti tewas ditikam Ken Arok, raja pertama Kerajaan Singasari. Sebelumnya tewas, Mpu Gandring mengucapkan kutukan ke Ken Arok. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
MPU Gandring pembuat keris sakti tewas oleh tikaman Ken Arok yang kelak menjadi raja pertama Kerajaan Singasari. Sebelumnya tewas ditikam Ken Arok dengan keris sakti buatannya, Mpu Gandring sempat mengucapkan kutukan ke Ken Arok.

Kutukan ini memang semacam gertak sambal atau ancaman belaka anggapan Ken Arok. Tapi sosok Mpu Gandring ini memang tak main-main dengan kesaktiannya dalam membuat keris.



Konon kesaktian itulah yang membuat Ken Arok tak segan memesan keris terkuat saat itu.

Ken Arok sendiri yang datang dan meminta secara khusus ke Mpu Gandring di Lulumbang, sebuah tempat padepokan pembuatan keris Mpu Gandring yang konon terletak di antara Malang dan Blitar saat ini.

Ken Arok memesan keris di Mpu Gandring dan meminta harus diselesaikan selama lima bulan, karena akan segera digunakan, sebagaimana dikutip dari "Pemugaran Persada Sejarah Leluhur Majapahit", dari sejarawan Profesor Slamet Muljana.

Namun oleh Mpu Gandring permintaan itu ditolak. Sebab ia hanya sanggup mengerjakan keris yang sakti mandraguna, cukup canggih, dengan kualitas keris terbagus di zamannya itu selama setahun.



Tetapi Ken Arok yang sudah tak mau tahu tetap meminta Mpu Gandring menyelesaikan keris itu dalam waktu lima bulan.

Sesudah genap lima bulan, Ken Arok ingat kepada pesanan kerisnya kepada Mpu Gandring. Ia segera meninggalkan Tumapel ke Lulumbang untuk mengambil keris pesanannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2385 seconds (0.1#10.140)