alexametrics

Cuaca Ekstrem di Jalur Pendakian Puncak Gunung Lawu Suhu Minus 4 Derajat

loading...
Cuaca Ekstrem di Jalur Pendakian Puncak Gunung Lawu Suhu Minus 4 Derajat
Cuaca dingin bersuhu ekstrem melanda kawasan Jalur Pendakian Puncak Gunung Lawu Magetan Jawa Timur, bahkan diinformasikan suhu di puncak mencapai minus 4 derajat pada Rabu (26/6/2019). Foto iNews TV/Asfi Mana
A+ A-
MAGETAN - Cuaca dingin bersuhu ekstrem melanda kawasan Jalur Pendakian Puncak Gunung Lawu Magetan Jawa Timur, bahkan diinformasikan suhu di puncak mencapai minus 4 derajat pada Rabu (26/6/2019). Sehingga banyak para pendaki yang mengalami gejala hipotermia membuat beberapa diantaranya mempersingkat waktu pendakianya.

Informasi adanya suhu ektrem beberapa hari terakhir sudah diberitahukan kepada petugas kepada para pengunjung yang hendak melakukan pendakian.

Imbauan petugas kepada para pendaki untuk membawa peralatan ekstra terutama penghangat tubuh dilakukan sejak di Pintu Pendakian Pos Cemara Sewu.



Safety jaket, sarung tangan dan penutup kepala wajib dibawa bahkan beberapa pendaki yang tidak mengenakan peralatan standar mengurungkan niatnya atau membeli di sekitar pos sebelum melakukan pendakian.

Selain peralatan petugas juga mengingatkan kondisi kesehatan agar fisik dan stamina dalam kondisi baik.

Suhu ekstrem yang terjadi bahkan memaksa beberapa pendaki hanya sampai di tengah jalan dan memilih turun kembali karena suhu dingin yang berlangsung secara tiba-tiba.

Aditya Kurniawan salah seorang pendaki mengatakan, suhu ekstrem sudah dirasakan sejak mulai memasuki Pos 2 bahkan diketahui beberapa diataranya mengalami gejala hipotermia.

“Namun begitu belum cukup alasan bagi petugas untuk menutup jalur pendakian ini karena setiap pendaki di pantau secara ketat oleh para relawan dari Paguyuban Gunung Lawu (PGL), “ kata Tri Suharianto petugas PGL.
(sms)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak