Hampir Setahun Gempa Sulteng, Hunian Para Korban Harus Prioritas

Senin, 24 Juni 2019 - 14:01 WIB
Hampir Setahun Gempa Sulteng, Hunian Para Korban Harus Prioritas
Hampir Setahun Gempa Sulteng, Hunian Para Korban Harus Prioritas
A A A
JAKARTA - Pemenuhan hak-hak korban terdampak gempa Sulawesi tengah (Sulteng) yang kehilangan rumah harus diutamakan. Hal ini harus menjadi perhatian semua stakeholder yang terlibat dalam agenda rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana di Sulteng.

“Mereka (korban) harus diprioritaskan untuk secepatnya difasilitasi hunian tetap dan agenda ekonomi untuk memulihkan mata pencaharian. Sesuai dengan masterplan rencana induk yang telah ditetapkan,” kata Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Ahmad HM Ali, Senin (24/6/2019).

Realisasi prioritas dipandang Ali sangat penting. Ini mengingat bencana gempa bumi, tsunami, likuefaksi dan tanah longsor telah berlalu sejak 10 bulan lalu, tepatnya 28 September 2018 lalu.

“Artinya masyarakat korban sudah mengungsi hampir setahun. Harus ada kemajuan yang berarti, paling tidak pemenuhan hak-hak korban disegerakan untuk dipenuhi,” kata anggota Komisi VII DPR ini ini.

Saat ini, Ali menuturkan, terjadi perbedaan tingkat kehidupan yang agak ekstrem. Terutama wilayah perkotaan dengan desa yang menjadi zona terdampak bencana. Banyak sekali orang kehilangan mata pencaharian. Di sisi lain kehidupan sosial bergerak lebih cepat dari kemampuan adaptasi program rehab untuk memenuhi fasilitas sarana kerja.

Ali menjelaskan, Laporan Bank Indonesia menyebutkan, kondisi ketenagakerjaan di Sulawesi Tengah sedikit memburuk pascabencana. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Sulawesi Tengah pada Februari 2019 mencapai 3,54% lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang sebesar 3,19%.

“Salah satu penyebabnya adalah dampak bencana yang menyebabkan tenaga kerja kehilangan mata pencahariannya terutama pada sektor pertanian dan perdagangan,” tandasnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7106 seconds (0.1#10.140)