Kisah Prabu Jayabaya Jadikan Kediri Kiblat Kemajuan Kesusastraan Nusantara

Kamis, 11 Juli 2024 - 06:39 WIB
loading...
Kisah Prabu Jayabaya...
Raja Kediri Jayabaya berhasil menguasai wilayah Nusantara dari Jawa hingga Papua. Foto/Istimewa
A A A
Kesusastraan di zaman Kerajaan Kediri berkembang pesat. Apalagi Kerajaan Kediri dipimpin oleh Prabu Jayabaya yang membawa puncak kejayaan Kediri. Kerajaan Kediri begitu disegani di nusantara.

Prabu Jayabaya dihormati dan memerintah dengan bijaksana di mata rakyatnya.

Kejayaan Kediri itu juga tercermin dalam hal karya sastranya. Prabu Jayabaya memerintahkan pujangga sastra di Kediri untuk menggubah karya sastra, untuk mendeskripsikan kebesaran kerajaan.



Tercatat ada tujuh karya sastra besar yang dihasilkan selama Kerajaan Kediri berkuasa, dari karya - karya sastra inilah sejarah dan gambaran Kerajaan Kediri dapat diketahui.Sejumlah nama pujangga sastra mulai bermunculan di masa Prabu Jayabaya.

Beberapa nama seperti Mpu Panuluh, Mpu Sedah, hingga Mpu Monaguna, jadi deretan pujangga penulis kitab - kitab kuno era Kediri. Sebagian besar kitab yang disusun ini menceritakan mengenai sejarah Kerajaan Kediri.

Dikutip dari ‘Babad Tanah Jawi’ dari tulisan Soedjipto Abimanyu, salah satu kitab kuno yang terkenal dari Kerajaan Kediri adalah Bharatayuddha karya Mpu Sedah dan Mpu Panuluh. Kakawin Bharatayuddha ini merupakan salah satu karya sastra Jawa kuno yang termahsyur.

Kakawin ini menceritakan peperangan antara kaum Kurawa dan Pandawa, yang disebut peperangan Bharatayuddha.



Karya sastra ini digubah oleh Mpu Sedah dan belakangan diselesaikan oleh Mpu Panuluh ini dipersembahkan bagi Prabu Jayabaya pada1135 - 1157Masehi. Kitab ini ditulis pada sekitar akhir masa pemerintahan Raja Daha tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)