Petugas DPKH Kobar Periksa Kesehatan Hewan di Taman Wisata Agro Kelinci

Rabu, 19 Juni 2019 - 10:08 WIB
Petugas DPKH Kobar Periksa Kesehatan Hewan di Taman Wisata Agro Kelinci
Petugas DPKH Kobar Periksa Kesehatan Hewan di Taman Wisata Agro Kelinci
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), melaksanakan layanan active service penanganan kesehatan ternak kelinci di Taman Wisata Agro Kelinci, Desa Kumpai Batu, Kecamatan Arut Selatan, Rabu (19/6/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk monitoring dan penanganan kesehatan ternak kelinci pascameningkatnya kunjungan wisatawan saat libur panjang Idul Fitri 1440 H. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dalam pengembangan destinasi wisata agro.

Tim kesehatan hewan Dinas PKH yang terdiri dari dokter hewan/medik veteriner dan paramedik veteriner melakukan observasi lapangan serta berdiskusi dengan pihak manajemen untuk menggali informasi riwayat penyakit dan mengamati kondisi umum kesehatan kelinci.

Kemudian tim mulai bergerak melakukan pemeriksaan terhadap semua kelinci yang ada di lokasi dan melakukan tindakan yang diperlukan antara lain pengobatan apabila ditemukan kasus infeksi penyakit, pemberantasan ektoparasit, pemberian terapi suportif dan desinfeksi kandang.

Kepala Dinas PKH Kobar, Ida Pandanwangi mengimbau kepada seluruh pengurus wisata untuk kebersihan kandang di lokasi Taman Wisata Agro Kelinci di Desa Kumpai Batu. “Jadi memacu minat wisatawan lokal untuk berkunjung,” katanya.

Kegiatan diakhiri dengan menyerahkan Desinfektan serta diskusi antara Kepala Dinas PKH, tim Keswan dan pihak manajemen untuk memberikan advis dan masukan guna pencegahan dan pemeliharaan kesehatan ternak kelinci.

“Jika terdapat ternak dengan gejala penyakit sesegera menghubungi instansi terkait guna mencegah dan mendapatkan fasilitas yang maksimal,” imbuhnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6076 seconds (0.1#10.140)