alexametrics

Wabup Kobar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Kecamatan Kumai

loading...
Wabup Kobar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Kecamatan Kumai
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng bersama unsur Muspida Kobar menyerahkan bantuan kepada 103 keluarga korban banjir. iNewsTV/Sigit Dzakwan
A+ A-
KOTAWARINGIN BARAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng bersama unsur Muspida Kobar menyerahkan bantuan kepada 103 keluarga korban banjir luapan sungai Jayau, perbatasan Kelurahan Kumai Hilir dan Desa Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai.
Bantuan logistik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah beserta Ketua DPRD Kobar Triyanto, Dandim 1014/PBN Letkol Inf Muhammad Roni Sulaeman dan Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Didik Setya Nugroho.

Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah menyampaikan, sebanyak 103 keluarga merupakan korban banjir sungai Jayau yang meluap mulai pada Rabu 12 Juni 2019 hingga Jumat 14 Juni 2019. Banjir pun menggenangi Kelurahan Kumai Hilir dan Desa Sungai Kapitan.

"Kita lihat di lapangan, bahwa kondisinya sudah mulai mengering dan sudah tidak tergenang lagi," ujar Ahmadi, Selasa (18/6/2019).



Ahmadi mengungkapkan, adapun jumlah rumah warga yang terdampak banjir di Kelurahan Kumai Hilir sebanyak 76 keluarha dan Desa Sungai Kapitan ada 27 keluarga. Berdasarkan pengamatan di lapangan, banjir tersebut disebabkan oleh pertemuan terakhir dan debit air yang tidak mampu ditampung oleh aliran Sungai Kapitan dan Sungai Jayau.

"Selain itu juga dikarenakan ada beberapa selokan di sekitar pemukiman yang memperlambat aliran air ke sungai, sehingga terjadi beberapa sumbatan dan kemarin sudah melakukan normalisasi gotong royong dengan warga,” tuturnya.

Penanganan jangka panjang yang dilakukan oleh Pemkab Kobar setelah melakukan pemetaan, pihaknya akan melakukan rekayasa pembagian aliran sungai. "Untuk jangka pendeknya kita melakukan gotong royong bersama dengan warga membersihkan beberapa selokan yang mengalami penyumbatan,” sebutnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak