KPU Gowa Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Awal September

Minggu, 23 Agustus 2020 - 13:46 WIB
loading...
KPU Gowa Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Awal September
Susana rapat koordinasi mekanisme pendaftaran bakal pasangan calon pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Gowa tahun 2020. Foto: Sindonews/Herni Amir
A A A
GOWA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa , akan membuka pendaftaran bagi bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) mulai 4-6 September mendatang.

Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan, tahapan pencalonan dimulai pada 28 Agustus mendatang hingga 3 September yakni pengumuman pendaftaran pasangan calon.



"Sementara pendaftaran dan verifikasi berkas akan dilaksanakan pada 4-6 September," ungkapnya saat pelaksanaan Rapat Koordinasi (rakor) Mekanisme Pendaftaran Bakal Pasangan calon pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Gowa tahun 2020 di Hotel Santika, Makassar, Minggu (23/8/2020).

Dia mengatakan, sosialisasi terkait hal tersebut telah disampaikan kepada Ketua dan LO Parpol se-Kabupaten Gowa, termasuk Ketua dan anggota Bawaslu Gowa .

Untuk itu, dia mengharapkan komunikasi yang intensif terkait informasi pendaftaran bakal pasangan calon pada pemilihan bupati dan wakil bupati Gowa tahun 2020 antara KPU, LO Parpol, LO Bapaslon, dan Bawaslu Gowa .

Meski demikian, Muhtar memastikan jika dalam pesta demokrasi Pemilihan orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini akan terselenggara tanpa calon perseorangan.

"Saat kita buka tahapan penyerahan syarat dukungan perseorangan kemarin, memang tidak ada yang datang," paparnya.

Karena itu, saat ini pihaknya tinggal menunggu pendaftaran melalui jalur parpol. Dimana disyaratkan minimal 20% dari 45 kursi yang ada di DPRD Gowa atau 9 kursi.

Kapolres Gowa AKBP Boy F Samola menjelaskan, kondisi Gowa saat ini dalam keadaan yang aman dan kondusif untuk menggelar pilkada.

Hal ini dikarenakan masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan Gowa. Untuk mencapai pilkada yang sukses, kita harus menerapkan komunikasi, kordinasi, dan kolaborasi yang baik.

Pilkada yang sukses bukan hanya tanggung jawab KPU , tetapi tanggug jawab kita bersama. "Saya juga mengajak kita semua untuk bisa terus menerapkan protokol kesehatan," tandasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)