Batang Diguncang Gempa, Puluhan Rumah Rusak dan 3 Korban Luka Ringan

Minggu, 07 Juli 2024 - 21:26 WIB
loading...
Batang Diguncang Gempa,...
Gempa bumi berkekuatan M4,6 yang mengguncang Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengakibatkan puluhan rumah rusak berat dan rusak sedang. Foto/Suryono Sukarno
A A A
BATANG - Gempa bumi berkekuatan M4,6 yang mengguncang Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengakibatkan puluhan rumah rusak berat dan rusak sedang. Dilaporkan ada 3 warga mengalami luka ringan akibat kejatuhan puing bangunan.

Pantauan di lapangan, Minggu (7/7/2024), kerusakan terjadi di 10 desa di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Batang, Warungasem, dan Wonotunggal. Data sementara yang dihimpun ada 11 bangunan yang tersebar di beberapa lokasi ada yang ambruk, rusak parah, dan rusak sedang.

Kapolsek Batang Kota AKP Sapto Winengku mengatakan, ada 3 orang warga yang menjadi korban dan sudah mendapatkan perawatan medis. Dua orang korban merupakan warga Proyonanggan Utara dan satu orang warga Kalisalak, mengalami luka ringan akibat tertimpa puing bangunan.



“Sejumlah warga menjadi korban akibat tertimpa puing bangunan dan sudah mendapat perawatan medis. Korban gempa sementara menempati rumah keluarga dan tetangga yang masih aman,” katanya.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Batang, Fitria Kartikasari menambahkan, gempa bumi juga merusak Masjid Jami Batang sehingga kaca menara pecah dan marmer dinding yang terlepas dari tembok.

Selain itu, beberapa ruang kelas di SMP 7 Batang di Desa Kalisalak juga mengalami kerusakan berupa retak-retak pada dindingnya. “Pendopo Kabupaten Batang juga rusak di bagian dinding tiang dan atap,” ujarnya.



Sampai Minggu sore terpantau tidak terjadi lagi gempa susulan. Petugas gabungan BPBD, TNI-Polri dan sejumlah relawan, membantu warga membersihkan puing-puing bangunan dan masih bersiaga di lokasi kejadian.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)