Puluhan Ribu Masyarakat Hadiri Haul Akbar Ke-19 KH A Muafi A Zaini di Sampang

Rabu, 03 Juli 2024 - 17:31 WIB
loading...
Puluhan Ribu Masyarakat Hadiri Haul Akbar Ke-19 KH A Muafi A Zaini di Sampang
Puluhan ribu masyarakat dari berbagai wilayah di Pulau Madura menghadiri Haul Akbar ke-19 almarhum KH A Muafi A Zaini di Ketapang Laok, Ketapang, Sampang. Foto/Ist
A A A
SAMPANG - Puluhan ribu masyarakat dari berbagai wilayah di Pulau Madura menghadiri Haul Akbar ke-19 almarhum KH A Muafi A Zaini yang digelar di Jalan Embong Lorong, Desa Ketapang Laok, Ketapang, Sampang.

Istighosah Akbar memperingati haul akbar pengasuh ke-9 PP Nazhatut Thullab Prajjan yang diadakan Ikatan Alumni Pondok Pesantren Nazhatut Thullab (IKAPPNAZ) ini dihadiri keluarga besar PP Nazhatut Thullab, Pengasuh ke-10 PP Nazhatut Thullab KH Muhammad bin Muafi, serta ratusan Kiai dan Habaib se-Madura.



"Acara haul ini merupakan acara rutinitas yang digelar setiap tahun. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang dan mendoakan wafatnya almarhum KH A Mu’afi A Zaini yang juga pengasuh ke-9 Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang Madura.

Pada haul kali ini diawali dengan istighosah yang dipimpin KH Holil Muhammad, dilanjutkan pembacaan Yasin dan tahlil. Puncaknya digelar tausiyah atau sambutan tunggal yang disampaikan oleh KH Mamak sapaan akrab KH Muhammad bin Muafi yang juga putra dari almarhum KH A Mu’afi A Zaini.

KH Mamak berpesan haul ini, bukan acara pribadi beliau tetapi acara bersama yang diselenggarakan oleh semua alumni dalam rangka untuk mempersatukan dan untuk ikut mendoakan abahnya yakni KH A Muafi A Zaini.

“Acara ini bukan acara saya pribadi, melainkan acara kita bersama yang diselenggarakan oleh para alumni dengan tujuan untuk mempersatukan dan untuk ikut mendoakan almarhum KH Muafi A Zaini," ujarnya, Rabu (3/7/2024).



Kiai Mamak bepesan agar selalu meneladani kebaikan-kebaikan yang dilakukan almarhum selama hidupnya sebagai bentuk keimanan kepada gurunya dan bagian dari dzurriahnya termasuk juga untuk meneladani para guru-gurunya kita semua.

"Acara haul akbar ini juga diisi kegiatan bakti sosial seperti sunatan massal, pemeriksaan kesehatan gratis dan pemeriksaan mata serta pembagian kaca mata gratis. Baksos ini di laksanakan diberbagai titik kecamatan di Kabupaten Sampang,” tambah Kiai Mamak yang juga tegaskan Ketua Panitia H Mahrus .
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2652 seconds (0.1#10.140)
pixels