Legenda dan Asal Usul Gunung Merapi: Kisah di Balik Keperkasaannya

Rabu, 03 Juli 2024 - 07:11 WIB
loading...
A A A
Ada kepercayaan bahwa Gunung Merapi adalah tempat bertemunya Ratu Kidul dengan Sang Hyang Ratu Jagad, dewa penguasa Gunung Merapi. Letusan Gunung Merapi dianggap sebagai pertanda adanya perjanjian atau pertemuan antara Ratu Kidul dan Sang Hyang Ratu Jagad.

Legenda Gunung Merapi

Salah satu legenda yang sangat terkenal mengenai asal usul Gunung Merapi adalah pertempuran antara dua empu sakti dengan para dewa. Menurut cerita ini, Batara Narada dan Dewa Penyarikan diutus oleh kayangan untuk menyelidiki Gunung Jamurdipa yang membuat Pulau Jawa miring.

Mereka memutuskan untuk memindahkan gunung tersebut ke hutan di daerah utara, tempat tinggal Empu Rama dan Empu Pamadi, dua empu pembuat keris yang sakti.

Ketika Batara Narada dan Dewa Penyarikan meminta kedua empu untuk pindah, mereka menolak karena khawatir kualitas keris yang mereka buat akan menurun. Pertarungan pun terjadi, namun keduanya sama kuat.

Akhirnya, Batara Narada dan Dewa Penyarikan melaporkan hal ini kepada Batara Guru. Batara Guru memerintahkan agar Gunung Jamurdipa tetap dipindahkan meskipun kedua empu menolak.

Gunung Jamurdipa kemudian diterbangkan ke hutan tersebut dan dilepaskan di atas kedua empu. Meski tertimpa gunung, tungku perapian kedua empu tetap menyala, mengeluarkan asap putih dari puncak gunung. Sejak itu, Gunung Jamurdipa lebih dikenal dengan nama Gunung Merapi.
(hri)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)
pixels