Sarasehan Peran dan Fungsi Litbang untuk Banyuasin Bangkit

Jum'at, 24 Mei 2019 - 23:08 WIB
Sarasehan Peran dan Fungsi Litbang untuk Banyuasin Bangkit
Sarasehan Peran dan Fungsi Litbang untuk Banyuasin Bangkit
A A A
BANYUASIN - Bappeda Litbang Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan Sarasehan Peran dan Fungsi Kelitbangan di Ruangan Rapat Bappeda Litbang Kabupaten Banyuasin. Sarasehan menghadirkan narasumber Herie Peneliti Madya Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri dan diikuti seluruh OPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Banyuasin, Kamis (23/5/2019).

Kepala Bappeda Litbang Erwin Ibrahim, ST, MM, MBA dalam sambutannya mengemukakan bahwa salah satu sebab Indonesia tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga karena minimnya penelitian khususnya untuk level internasional.

"Akibatnya perguruan tinggi terbaik di Indonesia pun masih sangat sulit untuk dapat menembus peringkat sepulu besar di Asia," tutur Erwin.

Lebih lanjut Erwin Ibrahim mengemukakan memperkuat peran dan fungsi kelitbangan harus dilakukan. Setiap penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan dilakukan berdasarkan hasil penelitian yang memadai sehingga kebijakan dan perencanaan pembangunan benar-benar tepat sasaran.

“Selain sangat pentingnya penelitian dan pengembangan, fungsional peneliti merupakan pilihan yang sangat menjanjikan. Bupati Banyuasin telah menetapkan Perbub terkait TPP dan tunjangan kinerja fungsional peneliti,” kata Erwin.

Sementara itu Herie mengemukakan bahwa di era milenial sekarang ini peran dan fungsi kelitbangan menjadi kunci keberhasilan sebuah daerah atau negara dalam menghadapi kemajuan zaman. Kemajuan teknologi telah banyak berkembang menjadi lebih canggih dan simpel hingga dapat menggantikan beberapa peran manusia. Disisi lain juga terjadi perubahan peilaku dan gaya hidup pada setiap generasi yang harus senantiasa diantisipasi.

“Bagaimana cara kita berpikir akan memengaruhi cara kita bertindak dan tidak ada inovasi tanpa adanya intuisi yang dituangkan dalam tindakan penelitian dan pengembangan. Era BIG data tak dapat dihindarkan, sehingga membanguan pusat-pusat inovasi daerah menjadi sebuah keharusan agar kita dapat bersaing di era milenial ini,” ujarnya.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9401 seconds (0.1#10.140)