Rakai Panangkaran Kudeta Raja Mataram Sanjaya untuk Kembangkan Agama Buddha

Senin, 01 Juli 2024 - 07:13 WIB
loading...
Rakai Panangkaran Kudeta Raja Mataram Sanjaya untuk Kembangkan Agama Buddha
Candi Ratu Boko di Prambanan merupakan peninggalan era Kerajaan Mataram Kuno usai terjadi kudeta terhadap Raja Sanjaya oleh Dyah Pancapana Rakai Panangkaran. Foto/Ist
A A A
KERAJAAN Mataram kuno saat dipimpin oleh Sanjaya pada sekitar abad 7 Masehi maju pesat. Sektor pertanian, agama, diperhatikan sedemikian rupa hingga berujung kepada kesejahteraan yang dialami rakyatnya.

Raja Sanjaya juga berhasil mengembangkan agama Hindu aliran Siwa. Prasasti Canggal bait 7 dan 12 berangka tahun 732 menjelaskan, bagaimana perkembangan agama Hindu Siwa di masa Sanjaya begitu pesat.



Namun dibalik kemajuan Mataram itu ada satu sektor yang dilupakan oleh Sanjaya, yakni sektor pertahanan. Konon ada yang beranggapan bahwa serangan membuatnya berhasil digulingkan dari jabatan raja.

Peristiwa itu terjadi di tahun 760 oleh kudeta pemberontakan Dyah Pancapana Rakai Panangkaran.

Dikutip dari buku "Hitam Putih Kekuasaan Raja-raja Jawa : Intrik, Konspirasi Perebutan Harta, Tahta, dan Wanita", Rakai Panangkaran dikisahkan merupakan penganut agama Buddha.

Dyah Pancapana Rakai Panangkaran sebelum menjadi raja Mataram kedua usai Sanjaya bertahta merupakan penguasa daerah Panangkaran.



Beberapa sumber salah satunya dari Sejarawan Prof. Slamet Muljana menjelaskan, bahwa Dyah Pancapana telah melakukan serangan terhadap Ratu Sanjaya. Namun perihal serangan yang dilakukan tidak dijelaskan begitu detail.

Dugaan bahwa serangan yang dilakukan Dyah Pancapana terhadap Ratu Sanjaya karena ingin mengembangkan agama Buddha di wilayah di Medang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)
pixels